PERSIAPAN YANG HARUS DILAKUKAN SAAT AKAN MELAKUKAN SERVIS KENDARAAN BERMOTOR

Bengkel Jaga Yamaha

Perawatan berkala Sepeda Motor adalah hal yang sudah biasa kita lakukan, namun masih banyak yang belum mengerti persiapan sebelum melakukan Servis atau ke Bengkel. Hal ini kadang dilupakan oleh kita (Pemilik Kendaraan), padahal hal ini penting dan sangat mempengaruhi hasil Servis.

Berikut beberapa persiapan penting sebelum Perawatan Berkala ke Bengkel;

1. Cuci atau Bersihkan Kendaraan

Kebersihan kendaraan banyak yang menyepelekan hal ini, bahkan banyak yang melakukan pencucian setelah Servis. Hal itu salah, yang benar adalah melakukan Pencucian sebelum melakukan perawatan. Kebersihan motor sangat menentukan hasil perawatan. Kotoran motor dapat masuk ke dalam komponen atau bagian mesin saat melakukan bongkar pasang. Yang kedua, kita dapat melihat kondisi hasil Servis jika ada kesalahan servis, seperti rembesan oli atau pun bensin.

2. Periksa Kerapihan Body

Sebelum motor dilakukan Servis, sebaiknya kita mengecek kerapihan atau kelengkapan komponen motor seperti Baut & Mur, kondisi pemasangan Body & kondisi visul mesin serta kelengkapan lainnya. Hal ini wajib kita periksa agar kita bisa melakukan pengecekan ulang setelah Servis dan melakukan komplen jika ada yang kurang rapih.

3. Dana atau Uang

Faktor persiapan keuangan adalah hal mutlak, penyiapan dana (Budgeting) adalah hal penting untuk melakukan seberapa besar perawatan yang akan dilakukan. Kekurangan uang saat melakukan pembayaran adalah hal yang memalukan. Namun jika kita pegang duit banyak kita akan tidak terkontrol dalam melakukan perawatan. Intinya, tentukan jenis perawatan apa yang akan anda lakukan dan jangan sampai poin perawatan utama terlewatkan.

4. Kategori Bengkel

Pemilihan Bengkel juga harus dipertimbangkan dengan baik, faktor Bengkel Resmi atau pun Bengkel umum bukan masalah besar, intinya Bengkel yang akan kita datangi harus mumpuni atau kompeten. Jika hanya sekedar ganti oli, kita bisa lakukan dibengkel apa saja, dengan catatan Keaslian Pelumas yang tersedia ada jaminannya. Jika perawatan lebih spesifik, biasakan melakukan perawatan di Bengkel yang biasa atau spesialis tipe motor yang anda miliki. Pada Bengkel otentik ini, biasanya pengerjaan lebih cepat dan tepat, serta kesediaan Spare Part atau Substitusinya selalu tersedia, bahkan ada solusi lain yang diberikan.

5. Riwayat Bengkel

Berlangganan pada bengkel tertentu dan terpercaya itu lebih baik. Karena bengkel tersebut biasanya mengetahui atau ada catatan perawatan (Riwayat) dari motor kita. Sehingga jika ada masalah Bengkel tersebut tidak meraba dari awal.

Itulah beberapa Tips sebelum melakukan perawatan pada kendaraan kita. Hal ini bukan hanya strategi kita untuk mendapatkan hasil Servis terbaik, tetapi etika kita sebelum kita melakukan perawatan. Ingat, kendaraan yang terawat membuat mekanik memperlakukannya dengan maksimal.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.