HONDA CBR150R SUSAH DI STARTER, SEGERA PERIKSA KOMPONEN BERIKUT…

Honda CBR150R saat ini sudah tidak menggunakan Kick Starter (Engkol), hal ini sangat menyulitkan ketika Electric Starter tidak bekerja. Dalam kondisi tidak usah panik, langkah pertama anda bisa menyalakan motor dengan mendorongnya. Untuk mendorong motor jangan menggunakan gigi satu, tapi gunakan gigi dua atau tiga atau empat. Hal ini membuat anda lebih mudah dan ringan dalam menyalakan motor.

Setelah langkah tersebut anda bisa memeriksa beberapa komponen berikut;

1. Kondisi Aki (Baterai)

Aki adalah komponen pertama yang harus dicek kemampuannya. Karena jika muatan atau tegangaan aki sudah melemah, maka sudah tidak bisa menyalakan Dinamo Starter. Dan untuk motor Sport saat ini kemampuan CCA (Cold Crank Ampere) aki sangat berpengaruh untuk menyalakan motor di kondisi dingin.

2. Switch Starter (Bendik)

Bendik atau Switch Starter adalah komponen kedua yang harus diperiksa. Bendik ini adalah komponen utama untuk memberikan kebutuhan listrik yang digunakan Dinamo untuk bekerja. Biasanya Bendik ini yang bermasalah ketika kondisi Aki sehat-sehat saja. Namun ketika menemukan kondisi seperti ini jangan langsung meengganti Bendik dengan yang baru.

Untuk motor CBR150R, kalian bisa melakukan pengecekan dahulu, biasanya kondisi kepala Bendik berkarat & kotor, akibat posisi Bendik yang berada sisi kiri luar dan bawah tangki Bensin, dan langsung berada tepat pada sekat penutup bawah.

Jadi sebaiknya langkah pertama kalian bisa melakukan pembersihan dengan membuka Bodi kiri. Saat Bodi terbuka, kalian bisa langsung melihat bendik yang terpasang pada saku karet. Kalian bisa membukanya dan membersihkannya kemudian mengamplasnya atau melepaskan karatnya dengan kikir. Biasanya Starter anda langsung tokcer kembali. Perlakuan ini juga bisa diterapkan pada semua motor Sport dan juga pada beberapa motor Bebek.

Jika sudah melakukan pembersihan namun dalam kurun waktu beberapa hari Starter Listrik kadang menyala dan kadang tidak menyala, segera lakukan penggantian Bendik starter yang baru dan Original.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.