TIPS BERKENDARA MOTOR MENGHADAPI LIBURAN AKHIR TAHUN

Menjelang liburan akhir tahun, tentunya masyarakat Indonesia sudah merencanakan berbagai acara untuk dilakukan bersama keluarga atau kerabat terdekat, seperti pergi berolahraga, hangout ke cafe, berpiknik, mengunjungi tempat wisata, atau berkunjung ke sanak saudara. Dari beragam transportasi, sepeda motor dapat menjadi salah satu alternatif transportasi yang praktis untuk digunakan menemani mobilitas selama liburan. Arus lalu lintas selama liburan akan cenderung lebih padat, maka penting bagi pengendara sepeda motor untuk semakin berhati-hati saat berkendara selama liburan bersama keluarga ataupun kerabat terdekat.

Mendukung mobilitas pengendara sepeda motor selama liburan agar tetap nyaman, maka Yamaha akan membagikan beberapa tips yang dapat digunakan. Menurut Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), liburan akhir tahun seringkali dimanfaatkan oleh para pengendara sepeda motor untuk melakukan perjalanan jarak jauh, terlebih bersama keluarga atau kerabat terdekat. Untuk mendukung kenyamanan dan kualitas perjalanan menggunakan sepeda motor, maka pengendara dapat memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

  1. Pastikan kondisi pengendara dalam keadaan sehat.
    Berkendara sepeda motor membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat dikarenakan akan bersentuhan langsung dengan udara panas atau dingin. Beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan hindari begadang sebelum melakukan perjalanan panjang.
  2. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik sebelum digunakan. Cek kondisi rem, rantai, aki, oli, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, terutama pengecekan lampu depan, rem, belakang, dan sein. Jika akan berpergian jarak jauh, pengendara disarankan melakukan pengecekan di bengkel resmi terpercaya.
  1. Menggunakan perlengkapan wajib berkendara. Pengendara wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai standar untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam menghadapi beragam cuaca saat berkendara , seperti jaket, sarung tangan, helm bervisor bening, sepatu tertutup. Pengendara juga disarankan membawa perlengkapan berkendara cadangan seperti jas hujan setelan dan sepatu karet.
  2. Memahami rute dan estimasi waktu berkendara. Pengendara disarankan memahami rute yang akan dilalui dan estimasi waktu berkendara sehingga dapat mempersiapkan kebutuhan saat berkendara, mulai dari membawa minuman, cemilan, dan tempat singgah untuk istirahat.
  3. Membawa barang sesuai dengan kapasitas sepeda motor. Pengendara disarankan membawa barang seperlunya yang menjadi prioritas menyesuaikan kapasitas sepeda motor, terutama saat berkendara bersama keluarga atau kerabat tentunya akan banyak barang yang dibawa. Pengendara dapat menggunakan sepeda motor dengan bagasi luas serta memanfaatkan double hook atau gantungan barang ganda yang ada pada sepeda motor, salah satunya Yamaha Fazzio Hybrid-Connected.
  4. Memanfaatkan fitur pada sepeda motor untuk kebutuhan darurat. Jika berpergian ke tempat wisata baru, seringkali pengendara membutuhkan arahan rute yang perlu dilalui. Pengendara dapat melakukan pengecekan rute pada smartphone secara berkala tanpa perlu khawatir kehabisan baterai dengan memanfaatkan fitur electric power socket.

Jika terjadi kendala diluar prediksi saat perjalanan, bagi seluruh pengendara sepeda motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha App untuk menemukan informasi dealer terdekat atau memanfaatkan fasilitas Service Kunjung Yamaha (SKY) sekaligus My Yamaha Motor Members untuk menikmati fasilitas-fasilitas Yamaha dengan pengumpulan poin dari aktivitas berkendara dan transaksi konsumen bersama sepeda motor Yamaha.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.