TIPS PERAWATAN JAKET RIDING

Bagi para pengendara motor, jaket merupakan hal penting untuk kelengkapan berkendara. Selain untuk melindungi dari debu dan kotoran, jaket juga melindungi pengendara dari panasnya matahari. Selain itu, terkait safety riding dapat meminimalisir benturan atau gesekan saat terjadi benturan atau kecelakaan.

Dan saat ini penggunaan jaket bagi para bikers sudah menjadi trend fashion dan juga mewakili identitas mereka. Pilihan jenis jaket pun saat ini cukup beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengendara. Agar saat digunakan selalu aman dan nyaman, jaket pun butuh perawatan.

Berikut tips cara merawat jaket dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu) :

Mencuci jaket

Semua jenis pakaian, termasuk jaket, tentunya perlu dicuci secara berkala agar terjaga kebersihannya. Untuk para biker atau yang sering menggunakan jaket saat bepergian, kami rekomendasikan untuk mencuci jaket 1 kali seminggu. Dengan begitu, jaket akan tampak bagus dan tetap terasa nyaman ketika dikenakan. Namun, Anda harus ingat, setiap jenis pakaian memiliki siklus dan cara pencuciannya sendiri, seperti material kulit dan parasut kami rekomendasikan untuk tidak mencuci menggunakan mesin cuci.

Tips untuk mencuci jaket dengan bahan kulit atau parasut yaitu dengan cara manual atau mencuci menggunakan tangan. Anda perlu menyiapkan wadah dan air bersih, lalu rendam jaket 20-30 menit menggunakan deterjen khusus pakaian. Setelah direndam dengan waktu yang cukup, mulai cuci atau kucek bagian yang kotor dengan menggunakan tangan. Jika masih terdapat bagian yang kotor, bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menyikat dengan cara perlahan lalu gunakan air mengalir tekanan sedang untuk membilas. Setelah itu peras dengan perlahan dan langsung dijemur menggunakan gantungan baju.

Menyetrika jaket

Setelah jaket kering berikut kami berikan tips menyetrika jaket agar jaket Anda lebih rapih dan tahan lama. Untuk jaket yang berbahan kain, suhu pada setrika bisa diaktifkan dengan maksimal yaitu 100 derajat namun perlu diingat dalam proses setrika harus secara perlahan dan jangan terlalu ditekan. Untuk jaket berbahan parasut dan polyester kami sarankan menggunakan suhu maksimal 20 derajat dengan menyetrika perlahan, karena jaket yang berbahan parasut dan polyester tidak tahan terhadap suhu yang terlalu panas. Sedangkan untuk jaket berbahan kulit jika ingin disetrika kami sarankan hanya bagian dalamnya saja. Sedangkan untuk jaket kulit bagian luar bisa menggunakan kipas angin untuk proses pengeringannya.

Menyimpan jaket

Setelah jaket rapih, Anda langsung dapat menyimpan langsung di lemari. Untuk jaket berbahan kain bisa disimpan dengan cara dilipat, sedangkan jaket berbahan parasut, polyester dan kulit bisa menggunakan gantungan baju. Dalam proses penyimpanan usahakan jangan terkena matahari langsung serta hindari lemari yang lembab agar jaket selalu rapih dan aman, tidak berbau dan berjamur. Apabila jaket sudah digunakan saat berkendara, kami sarankan untuk tidak menaruh jaket di bawah jok atau digantungkan di motor, karena selain resiko hilang jaket akan terkena kotoran atau debu. Anda bisa membawanya baik dimasukkan dalam tas atau dititipkan bersama dengan helm, karena saat ini sudah banyak jasa penitipan helm dan jaket di tempat parkir.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.