TIPS MERAWAT STARTER ELEKTRIK PADA SEPEDA MOTOR

Sistem starter sepeda motor berfungsi untuk memutar poros engkol agar mesin siap untuk melakukan pembakaran, sesuai dengan prinsip 2 langkah atau 4 langkah. Jika sistem starter bermasalah, akan membuat sepeda motor Anda sulit dinyalakan atau bahkan tidak bisa dinyalakan. Mengingat fungsi sistem starter yang penting tersebut, pengendara perlu memperhatikan beberapa poin perawatannya.

Berikut tips perawatan sistem starter motor dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) :

1. Cek bagian starter

Langkah pertama, Anda bisa periksa rangkaian starter mulai dari socket-socket atau pada tombol starter yang kotor, dikarenakan saat ini memasuki musim hujan dan memungkinkan terdapat benda-benda asing yang dapat masuk pada komponen tersebut. Lalu cek jika terdapat kabel yang putus, bukan hal yang tidak mungkin kabel starter bisa putus karena gigitan tikus atau terdapat modifikasi di bagian tersebut.

2. Cek saklar starter pada tuas pengereman

Seperti yang kita ketahui cara menghidupkan motor terutama matik dengan cara menekan tombol starter berbarengan dengan menarik tuas rem. Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem. Apabila mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut. Apabila switch kotor bisa dibersihkan dengan cairan pembersih khusus komponen electric.

3. Cek aki atau baterai

Aki atau baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem electric starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam tidak mau berputar, kemungkinan terdapat masalah pada baterai. Kemudian ada ciri lain jika baterai sudah mulai lemah yaitu proses starting motor yang berlangsung lama, sampai mesin tersebut nyala. Kami rekomendasikan untuk langsung ke bengkel resmi terdekat.

4. Kebiasaan saat starter

Jika kondisi motor sulit dinyalakan, jangan terus-menerus menekan tombol starter karena akan menguras daya baterai. Semakin lama durasi menekan tombol starter maka semakin banyak energi yang terkuras dari baterai yang mengakibatkan kerja baterai semakin berat. Sebaiknya lakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi terdekat.

5. Service motor dengan rutin

Selain hal-hal penjelasan di atas, Anda dapat melakukan service secara rutin dengan cara langsung datang ke bengkel resmi. Karena saat melakukan service motor di bengkel resmi para mekanik motor akan langsung memeriksa seluruh bagian motor termasuk pada sistem starter.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.