TIPS CARA MENGGUNAKAN STANDAR TENGAH MOTOR BAGI WANITA

Saat ini sudah banyak wanita yang mengendarai sepeda motor karena bermanfaat dalam mendukung aktivitas harian maupun hobi berkendara lainnya. Agar kegiatan berkendara sepeda motor semakin lancar, wanita juga perlu memperhatikan sejumlah poin yang harus dikuasai dengan baik saat diimplementasikan.

Salah satu contoh paling sederhana adalah soal memarkir motor. Hal ini kebanyakan dialami oleh wanita ketika harus parkir motor dengan memakai standar tengah. Pada motor terdapat standar samping untuk memarkirkan motor dengan mudah, juga ada standar tengah atau standar dua yang mempunyai keuntungan untuk digunakan.

Jika pengguna sepeda motor menggunakan standar tengah maka tingkat kesimbangan lebih baik. Bahkan, motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang. Lalu ketika menggunakan standar tengah saat diparkir di jalan yang cukup menanjak atau menurun, dapat menghindari bergeser dan lebih kokoh.

Main Dealer Yamaha PT. Lautan Teduh (Lampung) ingin memberikan beberapa tips menggunakan standar tengah, khususnya bagi pengendara wanita :

  1. Sebelum menggunakan standar tengah pada motor, jangan lupa matikan mesin. Ini mengurangi resiko tuas gas tidak sengaja terpelintir atau digas yang mengakibatkan motor hilang kendali (khususnya motor jenis matik).
  2. Pasang standar samping terlebih dahulu, untuk mencegah motor roboh atau jatuh ke jalan saat pengendara turun dari motor.
  3. Posisikan tangan dengan benar. Caranya, pegang stang kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan ke behel belakang (handle seat belakang) sepeda motor.
  4. Cara menggunakan standar tengah dimulai dengan kaki kanan menginjak tuas standar tengah (injak ke bawah dengan tekanan yang cukup). Lalu tangan kanan membantu mengangkat motor disertai gerakan ke arah belakang (lakukan latihan 3 sampai 4 kali agar terbiasa).
  5. Lipat kembali standar samping yang sebelumnya dibuka. Setelah sepeda motor terstandar tegak, luruskan posisi motor sesuai dengan arah parkir yang telah ditentukan. Jangan lupa posisikan atau belokkan stang ke kiri lalu kunci motor agar aman.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.