POIN PERAWATAN LAMPU MOTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN KONSUMEN

Perawatan Lampu Motor Yang Perlu Diperhatikan Konsumen

Lampu merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Selain dibutuhkan saat berkendara malam hari, saat ini lampu motor wajib hidup saat siang hari, karena aturan lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari dilatarbelakangi tingginya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pengendara sepeda motor. Lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu karena kegunaan lampu yang selalu hidup saat penggunaan sepeda motor serta seiring usia motor yang terus bertambah, beberapa komponen kelistrikan di sepeda motor juga ikut melemah. Ini meyebabkan lampu motor ikut redup sehingga pandangan pengendara sedikit kurang jelas ketika berjalan malam hari.

Ada baiknya kenali dulu bermacam-macam penyebab lampu motor redup dan berikut Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan tips cara merawat lampu motor :

  1. Jangan kemasukan air

Seperti kita ketahui, semua perangkat listrik tidak boleh terkena air. Hal tersebut dikarenakan air dapat menyebabkan terjadinya korsleting. Begitu pula dengan lampu pada sepeda motor. Anda harus memastikannya bebas dari air. Caranya dengan rutin mengecek kondisi batok penutup lampu sudah terpasang dengan baik. Pastikan pula tidak ada celah-celah yang berukuran cukup lebar di sela-selanya, terutama saat kondisi hujan lakukan pengecekan secara berkala.

  1. Jaga kondisi pelindungnya

Faktor utama dalam merawat lampu motor yaitu Anda harus merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin. Berkendara dengan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan yang dapat membuat pelindung lampu atau batok motor rusak. Memarkirkan motor di tempat teduh merupakan salah satu cara menjaga kondisi batok motor agar tidak cepat menguning dan dapat mengganggu penerangan lampu.

  1. Modifikasi dengan matang

Pecinta motor kerap melakukan modifikasi pada motor kesayangan mereka, termasuk pada bagian lampunya. Dalam melakukan modifikasi ini, Anda harus tetap memperhatikan jangan sampai modifikasi yang dilakukan justru mengakibatkan lampu motor Anda mati atau korsleting di bagian kelistrikan motor.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.