BEBERAPA RESIKO JIKA ANDA MEMASANG BAN TERBALIK

Rear Or Front Rotation

Pemasangan Ban terbalik menjadi suatu hal yang sering kita jumpai, namun hal itu jarang menjadi masalah serius bagi kita. Pemasangan Ban terbalik ini bukan berarti terbalik dalam memasang Ban depan menjadi Ban belakang atau sebaliknya. Namun arah rotasi atau posisi alur tapak ban yang telah ditentukan pabrik.

Permasalahan ini menjadi tidak terlalu serius saat ini, dikarenakan teknologi dan kualitas Ban saat ini sudah sangat baik, sehingga kinerja ban tidak terlalu signifikan berbeda saat pemasangan arah alur ban terbalik. Kecuali anda sangat peka dengan kemampuan ban tersebut. Namun hal ini sebenarnya sangat berpengaruh pada aspek tertentu. Apa saja pengaruhnya?

Berikut resiko-resiko yang terjadi jika anda memasang ban terbalik, yaitu;

1. Keausan Ban lebih cepat dan tidak teratur. Hal ini baru terlihat pada jarak pemakaian tertentu atau paling cepat 200 km (Pada ban tertentu).

.2. Cengkeraman Ban. Saat kering tidak terasa bahkan sama saja. Saat basah, sangat berasa signifikan, ban tidak mencengkeram maksimal.

3. Jarak pengereman. Jika kondisi kering tidak signifikan atau minim sekali, atau beberapa ban sama saja. Pada saat basah sangat signifikan, alur drainase air tidak maksimal sehingga cengkeraman saat pengereman tidak maksimal hingga tidak mencengkeram.

4. Kebisingan saat bergulir. Hal ini sangat minim sekali terdengar, namun perbedaan suara gesekan ban pada aspal pasti akan berbeda.

Pada kasus tertentu memang ada beberapa Ban yang tidak ditentukan rotasinya, seperti beberapa Ban Slick atau beberapa Ban Offroad. Pada ban ini anda bisa bebas menentukan arah rotasinya, bahkan bisa membalikkan rotasinya ketika hanya sebelah permukaan tapak ban tersebut telah habis.

Meski kemampuan Ban tidak signifikan anda rasakan saat arah rotasinya salah, kami sarankan untuk memasangkan kembali rotasi ban ke arah yang benar. Hal ini akan memberikan anda keuntungan lebih dan membarikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.