MENGETAHUI KEGUNAAN SIMSIMAN KLEP PADA MESIN MOTOR

Valve Pad Adjuster

Banyak yang sering mendengar tentang Simsiman pada mesin sepeda motor. Biasanya ketika mendengar kata Simsiman langsung tertuju pada motor Satria. Hal ini sangat wajar, karena pengguna Simsiman di pasar motor Indonesia adalah Suzuki Satria.

Suzuki Satria adalah motor produksi lokal pertama yang menganut teknologi mesin DOHC. Saking familiarnya ini motor, sehingga ketika kita menyebutkan Simsiman, langsung menuju kepada “Motor Satria ya?”.

Entah dari mana asal muasal nama Simsiman tersebut? Namun jika kita melihat di beberapa katalog motor Simsiman ini bernama “Pad Adjuster”. Simsiman ini adalah sebuah bantalan baja kecil yang berguna untuk menyesuaikan kerenggangan antara Valve (Klep) dengan ujung Rocker Arm (Pelatuk).

Simsiman ini hanya ada di motor mesin DOHC, sedangkan motor SOHC menggunakan Bolt & Nut Adjuster atau biasa disebut Baut Pelatuk. Untuk menyesuaikan kerenggangan mesin DOHC hanya bisa mengganti ukuran Simsiman tersebut. Misalnya, jika sebuah mesin CBR menggunakan Simsiman dengan ukuran standar 240, maka untuk merenggangkannya dengan mengganti ukuran 230. Sedangkan jika kita mau merapatkannya, maka kita menggunakan ukuran 250. Dan biasanya ukuran Simsiman pada Valve In & Valve Ex juga memiliki perbedaan ukuran.

Saat ini untuk beberapa tipe motor produksi lokal yang sudah menggunakan DOHC adalah;

Honda: Sonic 150R, Supra GTR 150, CBR150R, CB150R & CBR250R

Suzuki: Satria FI, GSX-R150, GSX-S150 & Bandit 150

Yamaha: YZF-R25

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.