CARA SEDERHANA MERAWAT AKI MOTOR

Cara mudah merawat aki

Aki pada sepeda motor berperan penting menghasilkan arus listrik untuk mengaktifkan komponen elektrikal seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya. Jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

”Mengingat pentingnya fungsi aki pada sepeda motor, kami ingin membagikan beberapa panduan perawatan sehingga kondisinya awet dan penggunaannya dapat maksimal. Hal ini sangat mendukung agar para pengguna sepeda motor makin optimal dalam melaksanakan aktivitas berkendara,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Berikut cara merawat aki sepeda motor :

1. Lakukan pengecekan

Terdapat 2 tipe aki motor yaitu tipe aki basah dan kering. Yang sering dijumpai pada motor matik banyak menggunakan aki kering. Jika konsumen menggunakan tipe aki basah, maka wajib melakukan pengecekan jumlah air aki, jika kurang harus ditambah sampai garis batas maksimal. Voltase aki baik tipe kering atau basah harus diperiksa, jika di bawah 12,4 volt maka aki tersebut harus di charge. Terminal aki juga harus bersih dari kotoran atau kerak.

2. Tidak menggunakan aksesoris motor yang berkaitan dengan kelistrikan secara berlebihan

Saat ini konsumen gemar menggunakan aksesoris motor, namun jika memakai aksesoris yang berkaitan dengan kelistrikan dalam jumlah banyak, dapat membebani kinerja aki. Disarankan agar dapat meminimalisir aksesoris yang dapat membebani aki motor.

3. Jangan memaksa penggunaan starter elektrik

Jika motor susah hidup, jangan memaksakan penggunaan starter eletrik karena akan membuat aki soak. Sebaiknya cek kondisi motor terlebih dahulu atau kunjungi bengkel resmi terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

4. Pastikan kunci kontak motor dalam kondisi off saat mesin motor mati

Saat mesin motor dalam keadaan mati, pastikan kunci kontak motor pun kondisinya off. Karena jika kunci kontak pada posisi on, akan mengambil daya aki.

5. Panaskan motor setiap hari

Agar aki lebih tahan lama, pengguna motor sebaiknya memanaskan motor 10-15 menit setiap hari meskipun motor tidak digunakan.

6. Menggunakan aki bawaan motor

Jika kondisi aki perlu diganti, ganti aki sesuai bawaan motor atau sesuai kapasitas yang dibutuhkan oleh motor tersebut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.