KEPANJANGAN “C B R” PADA HONDA CBR? INI DIA ASAL USULNYA

CBR600RR 2020

Kepanjangan dari CBR saat ini menjadi trend pembicaraan saat ini. Para pecinta varian Sport dari Honda ingin mengetahui arti sesungguhnya dari CBR, bahkan terkadang kita melihat perdebatan dari pembahasan CBR ini.

Banyak beredar info saat ini bahwa CBR adalah kepanjangan City Bike Racing. Persepsi ini terjadi karena ada iklan Honda CB beberapa waktu silam yang menyebutkan City Bike. Apakah benar hal itu?

CBR sendiri merupakan varian Racing atau Fairing dari Honda CB. Namun jauh sebelum iklan itu beredar, tipe CB ini sudah keluar sejak 1958 yaitu CB90. Dan arti huruf C pada tipe Honda tersebut ada yang mengartikan Cycle yang diambil dari nama Motor Cycle. Hal ini terjadi karena sebelumnya Honda mengeluarkan tipe Super Cub C100. Dan CB memberikan kepanjangan Cycle Best atau Better yang berarti Sepeda Motor terbaik atau lebih baik.

Motor Pertama Honda A-Type
Honda A-Type

Sejarah Honda juga memberikan pengertian lain tentang arti C dari CBR, dimana motor Honda pertama lahir dengan nama A-Type berjulukan “Bata-Bata” yang bermesin 2-Tak berkapasitas 50 cc. Dan kemudian produksi motor Honda penjualan masal disempurnakan bernama D-Type dengan arti Dream. Hal ini memberikan persepsi bahwa C pada CBR adalah tipe C atau C-Type.

Motor Pertama Honda D-Type Dream
Honda D-Type

Sejarah lain menuliskan bahwa arti C dari CBR adalah Clubman. Clubman sendiri berarti sekumpulan pembalap amatir pada masa itu. Hal ini terjadi karena Honda membuat motor Sport pertama dengan kode CA72 untuk pasar Amerika. Yang membuat arti Clubman A (America) 72 yang hanya dijual di Amerika. Dan pada tahun yang sama Honda juga membuat tipe CB72 dengan model yang serupa namun untuk pasar diluar Amerika. Hal ini memberikan arti Clubman B (Kelas B atau Non Amerika) 72.

HONDA CA72
Honda CA72

Pengertian CB adalah Clubman B juga diperkuat dari pernyataan para pengembang CB itu sendiri. Yoshiro Harada, Otoji Saito & Masao Matsumoto menyebutkan Clubman B saat diwawancarai Majalah Otomotif Jepang pada tahun 1962.

Namun nama Clubman keluar pada tahun 1983 pada sosok GB250. GB sendiri berarti Great Britain, tempat motor ini dijual. Inggris sendiri adalah tempat lahirnya Cafe Racer, dimana GB250 dibuat untuk para pembalap Cafe Racer tersebut. Jadi GB250 Clubman adalah identitas asli Clubman yang diwujudkan seutuhnya, dan hal ini memang membuat kebingungan.

gb250clubman

Dan seiring perkembangan jaman, Motor Sport ada telanjang dan ada yang menggunakan penutup. Sehingga sudah sangat imaji jika CB adalah identik untuk Naked Sport dan CBR untuk Sport Fairing milik Honda.

Honda sendiri sebenarnya juga tidak mengetahui dengan pasti kepanjangan dari CB. Namun Etimologi “CBR” ada dua pengertian yang hakiki yang saat ini beredar yaitu Cycle Best dan Clubman B. Jadi jika untuk CBR berarti Cycle Best Racing dan Clubman B Racing. Dan yang pasti jika ada yang mengartikan CBR City Bike Racing, itu adalah salah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.