TAMBAHAN HUKUMAN BUAT FABIO QUARTARARO, SEBUAH PENJEGALAN?

MotoGP Rambo

Fabio Quartararo menjadi omongan besar di pekan ini, setelah dirinya menyelesaikan balapan dengan Racing Suit terbuka dan tanpa Chest Protector. Dan usai Fabio akhirnya mendapatkan tambahan Penalty tiga detik yang membuat dirinya melorot ke peringkat enam hasil Race.

Hukuman pada Fabio memang cukup memukul pembalap Perancis ini, Fabio dihukum tiga detik karena melewati Shortcut dan tidak memberikan jalan dahulu pada Miller saat kembali ke lintasan. Namun sebenarnya ini beralasan, karena Fabio tidak masuk ke jalur inspeksi dengan sengaja, Fabio sempat terpeleset dan menyelamatkan diri dan masuk ke jalur Shortcut.

Kondisi pertama ini seharusnya Fabio tidak dikenakan Penalti, karena bukan kesengajaan dan untuk menyelamatkan diri. Tidak ada yang diuntungkan ataupun membahayakan Rider lain dari kondisi tersebut, dan saat Fabio terpeleset Miller juga berada dibelakang Fabio. Dan hal semacam ini sudah sering terjadi dan pembalap lain tidak pernah dikenakan penalti.

Hukuman Fabio ditambah setelah Race berakhir dan Result sudah diumumkan dan Fabio sudah berada diposisi empat setelah terkena penalti tiga detik. Namun ada beberapa pihak yang menemui Race Direction untuk meninjau ulang dan meminta Fabio dikenakan hukuman tambahan bahkan Black Flag.

Safety Regulation

Dan sekali lagi Fabio dirugikan, memang ada peraturan bahwa pembalap wajib mengenakan Racing Suit dan Chest Protector. Namun tidak diatur kondisi tertentu yang membuat atau melarang pembalap melepaskan Chest Protector dan membuka Racing Suit saat balap berlangsung. Bahkan ini bukan kesengajaan dan merupakan kondisi dimana Fabio terpaksa melepasnya.

Kondisi tersebut memang bisa membahayakan dirinya, namun jika dia tidak melepaskan Chest Protector yang sudah tidak membuatnya nyaman juga dapat membahayakan dirinya. Namun kondisi ini tidak membahayakan pembalap lain dan tidak ada keuntungan yang didapat Fabio, justru membuat Fabio tidak Aerodinamis.

Semua penalti ini justru seakan sebuah konspirasi untuk menjegal Fabio dari keunggulan poin yang semakin menjauh. Dan jika situasi ini terjadi pada pembalap besar seperti Rossi maupun Marquez, mungkin tidak ada hukuman. Tidak adil memang, tapi ini sebuah tantangan lain bagi Fabio selain bersaing di atas lintasan. Namun sikap Fabio cukup hormat dalam meresponnya, pembalap Perancis ini tidak perang argumen, hanya melakukan sindiran dalam bentuk Jokes di akun Instagramnya. Hal ini akan berbeda jika Fabio sudah menjadi juara dunia, Fabio bisa jadi akan mengajukan banding maupun merespon dengan lebih tegas. Semoga gelar tersebut dapat terwujud tahun ini…

Fabio Posting Open Chest
Good test today ! 79 laps done and luckly nobody saw me riding

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.