KAWASAKI SIAPKAN TRANSMISI QUICKSHIFTER GENERASI TERBARU

Kawasaki Ninja 1000SX

Quickshifter pada awalnya adalah barang mewah untuk sepeda motor. Teknologi ini pada dasarnya diciptakan untuk motor-motor balap. Teknologi pada motor Sport yang mempermudah perpindahan gigi tanpa harus menekan tuas kopling ini sekarang banyak dijumpai di motor Sport Street Legal.

Dan saat ini penggunaan kendali gas “Ride By Wire” membuat penggunan Quickshifter semakin ramai terpasang di motor umum. Dan pada umumnya sistem Quickshift berfungsi pada putaran mesin dan kecepatan yang tinggi dan tuas gas sedang terbuka lebar. Sedangkan jika pada kecepatan rendah dan putaran mesin rendah Quickshifter tidak berfungsi secara ideal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Dan saat ini Kawasaki sedang mengembangkan Quickshifter yang digabungkan dengan kopling otomatis. Sistem ini akan mampu beradaptasi dengan cara mengemudi anda dan membuat solusi terbaik untuk perpindahan gigi saat itu.

Pada produk yang dipatenkan ini, Kawasaki menggabungkan sistem Quickshifter modern dengan aktuator yang bekerja langsung dengan kopling saat diperlukan. Sehingga Quickshifter dapat bekerja pada putaran rendah dan kecepatan rendah yang membat kopling bekerja secara otomatis.

Pada gambar yang dipatenkan, Kawasaki akan memasangnya pada Ninja 1000SX. Dan sudah pasti sistem terbaru Quickshifter ini juga bekerja dibawah kendali ECU, yang memberikan informasi tentang kondisi mesin seperti RPM, posisi gigi dan posisi sensor gas.

Quickshifter Module
Engine Control Module

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.