STONER CURHAT MASALAH PENYAKITNYA

Stoner Offroad

Masih dari dengan Casey Stoner bersama El Mundo yang mewawancarai secara Online. Dimana di sesi lain Stoner membahas tentang hasil MotoGP musim 2020.

Di sesi lainnya, juara dunia asal Australia ini juga menceritakan masalah kesehatan yang dialaminya. Dimana dirinya memiliki masalah kelelahan kronis, kesalahan diagnosis & virus.

Stoner memaparkan masalah kesehatannya, “Saya didiagnosis dengan sindrom kelelahan kronis dua tahun lalu, pada November 2018. Sebelumnya, berbulan-bulan berlalu dimana saya merasa tubuh saya memburuk tanpa alasan yang jelas. Saya pergi berlatih dan kembali dalam keadaan terbalik. Saya pergi ke Dokter dan awalnya saya salah. Kelelahan kronis tidak ada obatnya, tetapi saya pikir saya akan menemukannya, berlatih lebih keras dari pada orang lain dan terus maju. Tapi kenyataannya, penyakit ini menghancurkan saya dan saya tidak bisa mengendalikannya. Saya menghabiskan enam bulan pertama tahun ini dari tempat tidur ke sofa dan dari sofa ke tempat tidur. Saya hampir tidak bisa bangun untuk makan. Sekarang saya sedikit lebih baik, saya telah belajar mengelola energi saya. Sulit untuk dijelaskan. Saya memulai hari dengan 50% dan energi turun sampai saya kosong. Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah meskipun anda tidur siang, energinya tidak pulih hingga keesokan harinya. Tidak ada jalan. Semua ini membuat saya memikirkan kembali hidup saya. Saya dulu bersenang-senang, keluar dengan sepeda motor, memancing, dan bermain Golf, sekarang saya hanya bisa bertahan. Pada hari-hari cerah saya mengambil kesempatan untuk bermain dengan putri saya dan jika ada, saya pergi bermain Golf. Tapi kemudian saya tetap kelelahan di sofa padA hari-hari berikutnya. Saya hanya mengendarai sepeda motor dua kali dalam dua tahun terakhir. Saya bahkan tidak tahu kapan terakhir saya pergi memancing. Saat ini belum ada obatnya. Beberapa perusahaan sedang mengatasinya, tetapi ini adalah kelainan yang sering tidak terdiagnosis atau salah diagnosis. Ada orang yang menyalahkan Virus Epstein-Barr, yang juga menyebabkan kelelahan, tetapi ada obatnya. Saya tidak melihat bagaimana meningkatkannya”.

Penyakit kelelahan ini memang ditemukan di beberapa olahragawan. Di MotoGP sendiri kasus ini juga terjadi pada Jonas Folget, namun Folger saat ini sudah membaik dan sudah turun balapan kembali.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.