KAWASAKI RECALL 3,000 LEBIH NINJA H2 SERIES KARENA ECU BERMASALAH

Kawasaki Ninja H2 Recall

Kawasaki resmi menarik lebih dari 3,000 unit Ninja H2 Series di seluruh dunia, terutama di Eropa. Hal ini disebabkan ada permasalahan pada Engine Control Unit (ECU). yang membuat motor bermasalah pada saat penggantian gigi.

Masalah terdapat di sistem pemrograman ECU yang Error. Hal ini membuat unit tidak dapat mengontrol peningkatan mendadak pada putaran mesin saat terjadi “Missed Shift”, yaitu masalah saat gigi atas tidak bekerja dengan benar. Ketika roda gigi diaktifkan kembali pada putaran mesin yang tinggi, membuat guncangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada roda gigi. Hal ini mengakibatkan tidak bisa mengganti gigi.

Efek dari permasalahan diatas dapat membuat transmisi terkunci karena Gir Rasio yang rusak, dapat menyebabkan mesin mati (Jammed) yang berpotensi membuat kehilangan kendali.

Kasus ini telah dilaporkan sejak Mei 2018, dimana pengendara H2 tidak dapat mengoper dari Gigi 4 ke Gigi 5. Untungnya tidak ada kerusakan yang dilaporkan terkait masalah tersebut.

Namun masalah tersebut tidak terjadi pada Z H2, hal tersebut disebabkan oleh bedanya komponen Drivetrain antara Ninja H2 dan Z H2. Hal ini sudah ditegaskan oleh Kawasaki, bahwa Z H2 tidak terpengaruh masalah tersebut.

Model yang mengalami masalah sebagai berikut:

  • Kawasaki Ninja H2 SX 2018
  • Kawasaki Ninja H2 SX SE 2018
  • Kawasaki Ninja H2 SX SE + 2019 – 2020

Total sudah sebanyak 3,280 Ninja H2 yang masuk daftar Recall di Eropa, dan juga akan melakukan ke seluruh dunia. Kawasaki sudah mengkampanyekan Recall ini ke semua pemilik model yang bermasalah. Semua pemilik akan diinfokan dengan beberapa metode untuk membawa motor mereka ke Bengkel Resmi terkait. Dan Kawasaki akan memperbaiki kesalahan tersebut dengan Software ECU baru. Proses perbaikan ini diperkirakan memakan waktu 20 menit.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.