REGULASI BARU DI WSBK 2021, TERMASUK LONG LAP PENALTY

landscape_logo_SBK_Motul

Persiapan memasuki musim 2021, Kejuaraan Balap Dunia World Superbike akan mendapatkan inovasi baru terkait regulasi. Aturan dan sanksi baru akan menambah tata cara baru di dalam maupun luar lintasan, perubahan yang akan membuat kompetisi semakin ketat.

Perubahan aturan dan sanksi ini digodok bersama oleh Komisi Superbike yang terdiri dari Gregorio Lavilla (Dorna, Chairman), Franck Vayssie (FIM), Tomonori Sato (Honda), Andrea Dosoli (Yamaha), Paolo Marchetti (Kawasaki), Marco Zambenedeti (Ducati), Marc Bongers (BMW), Brian Gillen (MV Agusta). Komisi tersebut bertemu langsung dengan Paul Duparc (FIM, Sekretaris Meeting), Scott SMart (Direktur Teknis WSBK), Dominique Hebrard (Manejer Olahraga FIM CTI) dan telah melakukan dua kali pertemuan pada 14 & 16 Desember 2020.

Dan hasil pertemuan itu menghasilkan poin-poin sebagai berikut:

PENGUJIAN & BATASAN PENGUJIAN

Pembatasan uji coba dan pengujian telah direvisi terutama untuk mengklarifikasi Sepeda Motor jalan raya yang diizinkan untuk tujuan pelatihan. Tujuan, menghindari pelatihan dan adaptasi dengan Sepeda Motor yang digunakan balap.

PROGRAM MUSIM 2021

Tidak akan lagi melihat dua grup di lintasan saat kualifikasi WSSP300, hanya ada satu.

LONG LAP PENALTY

Penalti Lap Panjang telah terbukti efektif selama MotoGP dan juga akan masuk kategori penalti di FIM WSBK. Namun jenis penalti ini mungkin belum tersedia di semua sirkuit, tergantung pada tata letak lintasan. Untuk lokasi, Inspektur / Petugas keselamatan FIM akan memutuskan lokasi lereng trek untuk Long Lap Penalty diberlakukan.

BENDERA KUNING

Saat melihat Bendera Kuning dikibarkan, Rider harus memperlambat kecepatan untuk memastikan keselamatan Rider yang jatuh atau terlibat insiden dan juga para tenaga bantuan yang sedang turun lintasan. Jika Bendera Kuning muncul saat kualifikasi akan dibatalkan waktu putarannya. Pembalap tidak akan bisa meningkatkan waktu di bawah bendera kuning, jadi tidak ada alasan untuk tidak memperlambat.

PENGENALAN PANEL LED & KONSEKUENSI TERKAIT PAPARAN GANDA BENDERA

Dalam rapat terakhir Komisi Balap Sirkuti FIM, penggunaan wajib panel LED di SBK & EWC diumumkan pada 2023 (Mulai 2022 untuk MotoGP). Tidak mungkin menggabungkan informasi yang saat ini dikomunikasikan oleh dua bendera jika terjadi perubahan dalam hal pegangan karena alasan visibilitas panel LED. Juga diputuskan untuk tidak menampilkan bendera yang menunjukkan adanya Hujan dan perubahan Grip bersama.

BANDING & UANG JAMINAN UNTUK BANDING

Tujuan dan presentasi Banding, Banding telah diklarifikasi. Setiap orang atau organisasi yang mengajukan Banding, Banding akan selalu menjamin pengembalian uang jaminan jika Banding itu diterima. Tidak ada lagi bagi Pembalap atau Team untuk mengirimkan Letter Of Credit sebagai pengganti uang jaminan. Sebagai catatan, saat ini uang penalti dan jaminan ditujukan ke dana yang dikelola oleh FIM untuk kemungkinan digunakan demi tujuan yang baik.

KEHADIRAN HELIKOPTER DI SIRKUIT

Kecuali jika ada Rumah Sakit yang diakui oleh FIM untuk penanganan trauma yang signifikan, dengan kesepakatan yang mengharuskan Pembalap yang terluka diangkut dari sirkuit ke Rumah Sakit melalui jalan darat sebagai masalah mendesak dalam waktu maksimal 20 menit. Helikopter mungkin tidak diperlukan jika tersedia kendaraan yang memadai tersedia.

Klarifikasi resmi terkait Regulasi Teknis baru ini akan segera diumumkan langsung secara resmi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.