RESMI, BERIKUT DAFTAR RIDER MOTOGP 2021

MotoGP Riders Line Up 2021

Dorna resmi merilis 22 Rider tetap yang akan mengikuti musim balap 2021. 22 Rider ini akan berada di 11 Team berbeda dengan enam Team Pabrikan dan lima Team Satelit. Empat diantaranya adalah Rookie atau pendatang baru di kelas utama ini.

Suzuki 2021

Team Suzuki Ecstar

  • Joan Mir
  • Alex Rins

Tidak merubah komposisi Rider, Mir akan mencoba mempertahankan gelar Juara Dunianya. Pembuktian bahwa dirinya bukan cuma modal keberuntungan. Sedangkan Rins sudah pasti akan menargetkan Juara Dunia musim 2021.

Ducati 2021

Ducati Team

  • Jack Miller
  • Francesco Bagnaia

Formasi baru dengan kedua Rider naik dari Team Satelit Pramac. Keduanya sangat kompetitif di musim ini dan sama-sama Podium. Harapan tinggi bagi Ducati untuk jadi bisa kembali Juara Dunia dan mempertahakan gelar Konstruktor-nya.

ME Yamaha

Monster Energy Yamaha MotoGP

  • Maverick Vinales
  • Fabio Quartararo

Tampil kurang dominan musim ini namun Yamaha Factory dapat tenaga baru dari Fabio. Kedua Rider ini adalah kontestan Juara Dunia, bahkan Fabio sempat memimpin klasemen hingga paruh musim ini. Strategi dan pengembangan mesin sudah dipersiapkan, tinggal keberuntungan yang diharapkan tidak hilang di akhir musim depan.

Repsol Honda 2021

Repsol Honda Team

  • Marc Marquez
  • Pol Espargaro

Tahun ini adalah tahun terburuk Repsol Honda, dimana Marc Marquez harus hilang sepanjang musim dan Alex belum bisa memberikan apa-apa. Meski Alex sempat memberikan kejutan di Home GP, namun Skill dan adaptasinya belum cukup mengimbangi nama besar Team. Kedatangan Pol Espargaro menjadi kekuatan baru di formasi Repsol Honda. Pol yang bisa menaklukan Yamaha dan KTM menjadi jaminan tersendiri. Performa Pol juga stabil dan sempat menjadi Rookie Of The Year, target juara dunia juga masuk dalam daftar dirinya dan Marquez.

KTM 2021

Redbull KTM Factory Racing

  • Brad Binder
  • Miguel Oliveira

Formasi baru dan semakin kuat, keduanya menjadi juara seri di musim ini. Brad sekali mencolong kemenangan dan Miguel dua kali menjuarai seri. Namun PR baru pada KTM karena tahun depan mereka mengikuti regulasi Team Pabrikan, sehingga harus menyiapkan mesin yang cepat dengan durabilitas baik.

Aprilia 2021

Aprilia Racing Team Gresini

  • Aleix Espargaro
  • Lorenzo Savadori*

Dengan di hukumnya Andrea Iannone karena kasus Doping di tahun ini, Aprilia harus menggantinya dengan Bradley Smith. Namun performa Smith kurang menjanjikan, sempat dirumorkan akan menggaet Dovi namun Aprilia akhirnya memilih Lorenzo Savadori. Hal ini justru sebuah pilihan yang kurang tepat, minim pengalaman dan kurang begitu bersinar. Bermodalkan juara Italia Superbike tidak cukup untuk beradaptasi cepat dengan MotoGP.

Petronas 2021

Petronas Yamaha SRT

  • Valentino Rossi
  • Franco Morbidelli

Team Satelit rasa Pabrikan, begitulah yang kita lihat dalam diri Petronas Yamaha, dan hal ini memang selalu terjadi sejak masih bersama Tech3. Apalagi dengan bergabungnya Valentino Rossi membuat Team ini semakin populer. Bahkan jika Support penuh pabrikan juga masuk ke Franky, sudah bisa ditebak apa yang akan terjadi dengan Team ini. Dua kali Team Independent sudah melekat di Team ini, bahkan The Real Team Juaranya musim 2020 adalah Team ini dengan mengemas 6 kali kemenangan.

Pramac 2021

Pramac Racing

  • Johann Zarco
  • Jorge Martin*

Perubahan komposisi tidak membuat Pramac akan kehilangan gregetnya. Masuknya Johann Zarco justru membawa warna baru Tim ini. Meski belum stabil, Zarco bisa memberikan kejutan dan membuat Ducati mempertahankan juara konstruktornya. Jorge Martin memang bukan juara dunia Moto2, namun penampilannya cukup impresif dan bila adapatasinya cepat juga bisa menjadi kejutan di musim depan.

LCR 2021

LCR Honda

  • Alex Marquez
  • Takaki Nakagami

Turunnya Alex Marquez ke Team Satelit memberikan komposisi baru untuk LCR, perfroma Alex juga semakin membaik dan sudah bisa mengendalikan RC 213V. Tidak hanya Alex, Nakagami juga semakin impresif di penghujung musim, hal ini memberikan energi positif buat musim depan. Duet Rider ini diprediksi menjadi kompetitor berat musim depan, bahkan bisa menjadikan LCR menjadi Best Independent. Yang jadi pertanyaan, apakah sponsor utama tim ini kembali dari dua Merk oli yang berbeda?

Tech3 2021

Red Bull KTM Tech3

  • Danillo Petrucci
  • Iker Lecuona

Dengan bergabungnya Petrucci membuat warna baru buat Tech3, Petrucci pasti akan membuat kejutan bahkan bisa menjadi jamina juara seri. Hal ini tentu jika motor KTM mendukung dan Petrux bisa beradaptasi dengan cepat. Sedangkan Iker belum bisa diharapkan banyak, Rider yang lompat kelas ini memang butuh pematangan minimal satu tahun lagi.

Esponsorama 2021

Esponsorama Racing

  • Enea Bastianini*
  • Luca Marini*

Paduan Juara dan Runner Up Moto2 ini memang akan menjadi perhatian tersendiri. Namun keduanya yang sama-sama Rookie akan sama-sama meraba dan bisa jadi sama-sama bingung. Namun Luca Marini kan dapat bimbingan dari sang Kakak Valentino Rossi. Bahkan andil Rossi akan cukup kuat pada musim ini, bahkan Brand Sky VR46 Racing akan melekat juga, bahkan Rossi sempat berujar pabrikan mana pun boleh bekerja sama dengan SVR46RT asal jangan Honda. Bisa jadi tahun besok akan menjadi musim kebangkitan Avintia yang sudah bermetamorfosa menjadi Esponsorama.

DAFTAR TEAM MOTOGP 2021

*Rookie

1 Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.