NEW YAMAHA MT-09, LEBIH RINGAN, LEBIH CANGGIH DAN LEBIH BERTENAGA

NEW YAMAHA MT-09 2021

Yamaha baru saja mengeluarkan versi terbaru dari MT-09, versi 2021 ini tampil dengan rangka Delta Box Aluminium Die Cast Controlled Filling. Sebuah teknologi produksi Delta Box terbaru dari Yamaha yang menghasilkan tebal rangka tertipis dari semua rangka Die-Cast yang pernah diproduksi.

Rangka Delta Box CF ini Built In terbentuk mulai dari poros kemudi sampai ke poros Swingarm. Pada Subframe belakang juga rangka baru, begitu juga dengan Swingarm Aluminium yang lebih ringan 2.3 kg dari design sebelumnya.

Hasilnya, keseimbangan Longitudinal, Lateral dan Torsi bingkai mendapat pembaharuan, yang menghasilkan kekakuan lateral sebesar 50%. Ketinggian kemudi juga berubah, turun sekitar 30 mm.

New MT-09 saat ini dilengkapi dengan Velg Spin Forged 10 Spoke, Velg Yamaha paling ringan yang pernah ada. Velg ini diproduksi dengan pengecoran rotasi kecepatan tinggi, yang menghasilkan ketebalan hanya 2 mm. Sehingga Velg menjadi lebih ringan 700 gram dari Velg versi sebelumnya.

Pada bagian kaki-kaki, MT-09 hadir dengan Kayaba pada depan maupun belakang. Depan menggunakan Upside Down 41 mm dan belakang Monoshock dengan Pre-Load dan Rebound.

Pada bagian pengeraman, depan dilengkapi dua cakram 298 mm dengan Caliper Radial Nissin 4 Piston. Sedangkan belakang Caliper Nissin dengan 1 Piston.

Hyper Naked ini merupakan model pertama yang dilengkapi Platform Inersia 6-Axis. Sistem yang dikembangkan dari YZF-R1 di tahun 2015. Namun IMU 6-Axis MT-09 50% lebih kecil dan 40% lebih ringan karena perombakan menyeluruh pada tata letak sensor.

Yamaha Naked Superbike ini memiliki sistem elektronik yang cukup lengkap mulai dari Kontrol Traksi (TCS 3 tingkat, 2 Preset + 1 Adjustable), Kontrol Geser (SCS, sistem penyesuaian daya melibatkan Slip Lateral Roda), Kontrol Pengangkatan Ban Depan (LIF), Kontrol Rem (BC, interaksi dengan ABS dan secara otonom mengontrol dan memodulasi tekanan rem).

Pada Panel Control menggunakan Instrument TFT 3.5″ terbaru dan berwarna, dengan Tachometer tampilan batang yang berwarna seiring dengan peningkatan dan penurunan RPM. Instrumen juga menampilkan jam, indikator GearBox, suhu udara dan lainnya.

Design motor juga semakin Compact atau padat dengan Bodyworks yang semakin Simple. Dan yang paling Ekstrim adalah perubahan Headlamp, berubah dari lampu ganda khas MT-09 menjadi tunggal berdesain futuristik.

Namun lampu depan tidak sesederhana itu, hadir dengan sistem LED, satu lampu utama bifungsional sentral dan dua lampu posisi yang sangar dan mewah. Lampu belakang juga hadir dengan LED tiga cabang yang menyiratkan huruf M, yang berkesan menunjukkan seri MT.

Berat total motor ini 189 kg, atau 4 kg lebih ringan dari model saat ini. Dan Hyper Naked ini tersedia dalam tiga pilihan warna; Storm Fluo, Icon Blue & Tech Black.

New Yamaha MT-09 baru akan ada di Dealer pada Maret 2021 dengan harga Euro 9,749 atau sekitar Rp. 165,300,000 kurs saat ini dan harga tersebut adalah “Turnkey” atau harga produknya saja atau disini kita kenal dengan nama Off The Road. Dan kemungkinan masuk pasar Indonesia akan telat beberapa bulan dengan harga yang lebih selangit.

New Yamaha MT-09 2021 Storm Fluo
Storm Fluo
New Yamaha MT-09 2021 Icon Blue
Icon Blue
New Yamaha MT-09 2021 Tech Black
Tech Black

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.