HONDA CBR600RR TERBARU RESMI DILUNCURKAN, HADIR DENGAN VERSI HRC

CBR600RR2021

Rumah Motor Tokyo secara resmi meluncurkan Supersport edisi terbaru mereka. CBR600RR tahun model 2021 resmi diperkenalkan di Jepang, bersamaan diperkenalkan juga edisi Honda Racing Corporation.

Supersport empat silinder dengan kapasitas 599 cc ini, hadir dengan tenaga puncak 121 HP pada RPM 14,000 dan torsi puncak 64 Nm pada RPM 11,500, hadir dengan kompresi 12:2. Mesin CBR600RR diatur Geabox 6-Percepatan yang dibantu oleh kopling servo dan Quickshifter naik & turun (Opsi).

CBR600RR_2021-RedClassic

Supersport sejati ini hadir dengan kaki-kaki yang super mewah. Mulai dari suspensi depan Showa Big Piston garpu terbalik dan lengan ayun Aluminium dengan suspensi tunggal. Ban depan 120/70-17 dan belakang 180/55-17 memberikan cengkeraman maksimal dalam kecepatan tinggi.

Bicara sistem elektronik, CBR600RR hadir sangat canggih, dilengkapi Platform Inersia IMU 5-Axis dan kendali gas Ride By Wire membuat lima piliha gaya berkendara. Platform tersebut dapat disesuaikan dalam nilai trtentu sesuai keinginan pengendara, yaitu;

  • P = Power / Tenaga
  • T = Traction / Kontrol traksi
  • EB = Engine Brake / Rem mesin
  • W = Wheelie / Anti ban terangkat
  • ABS = Anti-lock Brake System / Rem anti terkunci
CBR600RR_2021-Odo

Untuk Edisi HRC sendiri secara fisik terlihat perbedaan pada Seat Cowl penumpang alias hanya Jok Tunggal, Cakram rem, Cover tangki, batok buta dan tipe Footstep yang berbeda. Pada tipe HRC menggunakan Footstep kompetisi dan mode penggantian gigi GP Shift. Ban pada tipe HRC juga menggunakan tipe Full Slick yang juga merupakan tipe kompetisi. Sehingga motor ini hadir untuk langsung turun dilintasan dan siap untuk balap. Rumor lainnya juga menyebutkan bahwa tipe HRC hadir dengan ECU yang berbeda, yang juga ECU yang hadir untuk kompetisi, namun hal ini belum dipastikan oleh Honda sendiri.

Sayangnya motor ini baru dijual di Jepang saja. Dan motor ini di Jepang di Banderol senilai 11,600 Euro atau sekitar Rp. 202,200,000 Off The Road. Untuk versi HRC sendiri belum ada informasi resmi mengenai harga. Jadi buat yang berminat dengan motor ini bisa menunggu motor ini di Import masuk ke Indonesia, diperkirakan sekitar pertengahan tahun depan.

CBR600RR2021-HRC
CBR600RR_2021
CBR600RR2021-HRCEdition
Honda CBR600RR HRC Edition

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.