ATURAN BARU BENDERA KUNING PADA KEJUARAAN BALAP DUNIA

Yellow Flag MotoGP

MotoGP memperbaharui peraturan balapnya, peraturan ini bertujuan meningkatkan keselamatan pengendaranya. Hal ini telah diklarifikasi langsung oleh Race Direction dan Stewards pada GP Andalucia dengan memanggil Rider MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Sebenarnya peraturan bendera kuning tidak ada perubahan, hanya saja penerapannya saja yang berbeda. Penerapan ini diperbaharui untuk menjamin keamanan yang lebih baik di lintasan bagi Rider maupun komisaris yang terlibat.

Mulai saat ini tidak ada menampilkan bendera kuning ganda pada sektor tertentu ketika ada pengendara yang masuk lintasan. Sekarang hanya menampilkan satu bendera kuning saat pembalap masuk lintasan, dan pembalap tidak diperkenankan untuk meningkatkan laju kecepatan motornya. Pembalap hanya boleh meningkatkan kecepatan ketika bendera hijau telah ditampilkan. Hal ini juga berlaku pada pengendara lain, ketika bendera kuning dikibarkan pengendara wajib menahan laju motornya dan tidak diperkenankan menyalip pembalap lainnya.

Peraturan baru pada pengibaran bendera kuning ini hanya berlaku pada sesi latihan bebas dan kualifikasi saja. Pengibaran bendera hijau menandakan hal yang sama, yaitu lintasan sudah bersih dan pembalap bisa kembali pada kecepatan penuh.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.