HONDA TERDETEKSI PATENKAN BODY BUNTUT AERODINAMIS

Honda Aerodynamics Seat Cowl

Meski ditengah Pademik Virus Corona, tidak serta-merta menghentikan pengembangan teknologi otomotif. Seperti Honda yang saat ini terdeteksi sedang melakukan registrasi Paten atas Design Aerodynamics Rear Cowl.

Body belakang yang akan menggantikan tempat duduk penumpang, seperti Seat Cowl yang mengubah menjadi Single Seat, namun ini tidak Portable. Fungsinya tidak hanya estetika, namun faktor Aerodinamis memberikan efek pada cengkeraman ban belakang lebih baik.

Dua celah Air Streamline akan membuat aliran udara dibelakang pengendara menjadi lebih linier. Hal ini membuat motor mendapatkan beban yang mendatar pada bagian belakang.

Design Aerodynamics Rear Cowl ini sangat bertentangan dengan desain awal buntut motor di tahun 90 ke belakang. Dimana bentuk buntu diperkecil dan diperbulat seperti buntut Tawon. Dengan mekanisme memperkecil hambatan udara yang mengalir dari tubuh Rider.

Ducati Panigale V4 S 2020 RC

Ducati Panigale V4 S 2020

Konsep ini seperti bentuk Rear Cowl Ducati Panigale V4 S 2020 yang sudah terancang Aerodinamis. Namun desain Honda melangkah lebih jauh. Honda Aerodynamics Rear Cowl berfokus pada aliran udara, dengan celah lebih besar dengan minim tahanan. Hambatan kecil ada di tiang penyangga pada tengah yang dibuat untuk kekuatan strukturalnya.

Lebih canggihnya lagi, Honda menyiapkan bagasi Portable sebagai pasangan Aero Rear Cowl. Bagasi ini multifungsi, bisa sebagai estetika jika sang pemilik lebih menyukai buntut yang berisi. Jangan berharap juga sebagai bagasi seutuhnya, karena hanya menyimpan kebutuhan kecil saja. Dan jika bagasi ini pasangkan, fungsi Aerodinamis celah buntut akan menghilang.

Honda mempersiapkan Aerodynamics Rear Cowl ini untuk tipe Moge-nya, atau lebih tepatnya tipe Superbike & Supersport. Ya… Kurang berasa juga efeknya jika pada Entry Sport. Tapi jika mengincar pasar, model ini juga harus diadaptasi pada motor Entry Sport.

Honda Aerodynamics Seat Cowl BS

Bagasi Portable (Bentuk Tas) pasangan Aero Rear Cowl

Honda Aerodynamics Seat Cowl SV

Honda Aerodynamics Seat Cowl RV

Honda Aerodynamics Seat Cowl

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.