RAPOR MERAH PASAR OTOMOTIF INDONESIA SELAMA PANDEMIK COVID-19 AKAN BERDAMPAK FATAL

Rapor Merah Pasar Otomotif

Sejak digaungkan kejadian luar biasa Pandemik Virus Corona di Indonesia pertengahan Maret kemarin (13 Maret), memberikan dampak negatif yang signifikan pada pasar otomotif. Ditambah perubahan regulasi pada proses pembiayaan langsung membuat pasar otomotif roda dua di Indonesia turun drastis.

Penurunan penjualan pada semua Merk sudah terlihat, penurunan terjadi di atas angka 20% di bulan Maret. Honda yang selalu tinggi penjualannya sudah mengonfimasi penurunan 30% dibanding periode tahun sebelumnya.

Data penurunan tersebut belum sebenarnya terlihat, karena masih bergantung penjualan di tengah bulan pertama. Perubahan peraturan Leasing juga baru terjadi di akhir bulan. Sehingga pengambilan motor masih terjadi cukup baik di bulan Maret.

Namun ini mengerikan ketika kita melihat hasil penjualan bulan April ini. Percaya atau tidak bulan April adalah langkah awal Rapor Merah pasar otomotif roda dua Indonesia.

Harga minyak dunia yang terjun bebas, membuat perusahaan otomotif akan tetap melakukan produksi. Ini adalah kesempatan besar, karena otomatis biaya produksi lebih murah. Keuntungan lebih besar akan dihasilkan, namun jika penjualan anjlok berlarut-larut akan memberikan beban balik.

Tanpa penjualan, stok motor akan menumpuk, maka akan dilakukan juga Stop produksi pada akhirnya. Ujung-ujungnya akan ada diskon dan program cuci gudang, dan bisa jadi malah merugikan produsen. Itupun jika masih ada yang mau membeli, jika tidak pabrik akan hibernasi lebih lama. Jika pabrik harus hibernasi lebih lama, maka karyawan akan dirumahkan dan akan ada pengurangan.

Sinergi positifnya, produsen akan melepas syarat-syarat pembelian motor bagi Dealer dan Leasing akan mempermudah kembali administrasi pembiayaan. Konsumen juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih, yaitu mendapatkan potongan harga tinggi, bonus, paket dan kemudahan lainnya. Namun saat tersebut belum tentu konsumen memiliki uang dan ekonomi mereka sudah sembuh.

Hal ini bukan dongeng semata, bukan ingin menakut-nakuti. Karena di bulan April terhitung sampai hari ini Brand-brand masih menjual dalam jumlah ratusan, bahkan banyak Dealer yang belum melakukan penjualan.

Dan saya rasa hal ini juga terjadi pada pasar otomotif roda empat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.