BMW RESMI PERKENALKAN R 18, EDISI PERDANA

BMW R 18 First Edition V7

BMW Motorrad resmi keluarkan tipe terbaru dengan genre Ultra Klasik bernama R 18. Motor ini adalah reinkarnasi dari seri R milik BMW yang sudah melegenda. Sepeda motor pertama BMW merupakan R 32 yang lahir pada tahun 1932 atau 88 tahun lalu. Kemudian tahun 1936 BMW kembali mengeluarkan R 5, yang menjadi nyawa model R 18 saat ini.

BMW R 18 ini adalah tipe Cruiser dengan menggunakan mesin Boxer berkapasitas 1,802 cc. Mesin Boxer atau yang biasa disebut Boxrone adalah sebuah mesin dua silinder dengan posisi silinder blok menghadap keluar sisi kanan dan kiri. Cover Silinder Blok yang keluar tersebut memiliki bentuk layak sarung tinju, dan gerakan Piston yang mengarah ke kiri dan kanan membuat getaran seperti meninju.

Mesin R 18 ini dilengkapi dengan 4 katup dan 2 Busi di setiap Silindernya. Masing-masing silinder memiliki ukuran Bore 107 mm dan Stroke 100 mm. Boxer ini memiliki rasio kompresi 9.6 : 1 dan berpendingin udara. Teknologi mesin yang digunakan juga begitu klasik serupa dengan wujud modelnya.

BMW R 18 First Edition V1

BMW R 18 ini memiliki Tenaga Maksimum 91 HP pada 4,750 rpm dan Torsi Maksimal 158 Nm pada 3,000 rpm. Meski terlihat klasik dan santai, motor ini tetap memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Kecepatan maksimum standar motor ini mencapai 180 km/h, dan ini pun sudah dibatasi oleh sistem elektronik, artinya motor ini masih dapat berlari lebih cepat lagi.

Motor ini akan dijual semester kedua tahun ini, ini pun melihat kondisi pasar nanti. Pabrikan asal Munich ini sudah membanderol R 18 seharga 22,990 Euro atau sekitar Rp. 414 juta, untuk pasar domestik Jerman sendiri. Untuk pembelian edisi perdana akan mendapatkan edisi khusus dengan Kit Chrome dan Line Mark tanpa biaya tambahan.

Namun keberhasilan motor ini dipasar masih jadi pertanyaan besar, pasalnya BMW sebelumnya telah mengeluarkan R 1200. Motor yang keluar tahun 2006 tidak mencapai kesuksesan seperti yang diinginkan. Dengan harga R 18 yang kurang terjangkau, kemungkinan besar akan minim peminatnya.

BMW R 18 First Edition V6

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.