EMPAT AGENDA WAJIB KLUB/KOMUNITAS OTOMOTIF SETIAP TAHUNNYA

Agenda Tahunan Klub

Ada Pepatah mengatakan, membuat sesuatu lebih mudah dibanding mempertahankannya. Hal tersebut juga berlaku dalam sebuah Klub atau Komunitas Otomotif.

Dalam mempertahankan eksistensi Klub/Komunitas Motor atau Mobil selain harus memiliki Struktur yang jelas, Program kerja juga menentukan eksistensi Klub tersebut. Jangan sampai para anggota Klub jenuh karena aktifitas monoton bahkan sampai tidak ada aktifitas.

Kita ambil sampel saja beberapa Agenda Tahunan Klub Motor yang wajib diadakan. Berikut Agenda Wajib Tahunan Klub Motor;

1. Rapat Kerja

Sebuah oraganisasi tidak akan terarah kegiatannya tanpa sebuah Rapat Kerja. Di Rapat Kerja ini Pengurus wajib memaparkan Program Kerja dan Rencana Kerja setahun ke depan. Dengan ini Anggota jadi tahu apa yang akan dilakukan bersama Klub setahun ke depan, sehingga setiap Anggota bisa mempersiapkan waktu, tenaga dan dana untuk Agenda tersebut.

2. Bhakti Sosial

Buat apa anda memiliki Organisasi tanpa kepedulian, tanpa ada dampak baiknya bagi orang lain maupun lingkungan sekitar. Agenda Bhakti Sosial ini wajib dilakukan untuk memberikan kesan dan energi Positif bagi Klub dan Anggotanya. Minimal sekali setahun anda peduli terhada sesama atau alam ini, niscaya anda dan Klub/Komunitas akan semankin tumbuh lebih baik.

3. Touring

Sebagai Klub/Komunitas Motor atau Otomotif, tidak mungkin kalian tidak melakukan kebersamaan dengan cara Touring. Minimal anda Agendakan sekali Touring Wajib bagi seluruh Anggota Klub. Hal ini akan mempererat tali persaudaraan dan saling memahami setiap Individu. Dengan Touring bersama juga semakin mengenal alam dan mengetahui keindahan berbagai Objek Wisata.

4. Anniversary

Sebagai Klub/Komunitas yang sudah berdiri dan dideklarasikan, sangat sayang sekali jika tidak diperingati hari jadinya setiap tahun. Melakukan perayaan Hari Jadi Klub bukan hanya sebagai pengingat bertambahnya usia klub tersebut, tetapi juga dapat mereflesikan perjalanan, suka-duka dan pengorbanan yang telah dilakukan sampai di titik saat ini. Melaksanakan Anniversary bisa dengan beberapa konsep dan cara. Jika bisa melakukan dengan sebuah Event adalah hal yang sangat baik. Namun jika tidak memungkinkan bisa dilakukan secara sederhana bahkan Internal. Sesuaikan dengan kondisi Klub/Komunitas saat itu, jangan memaksakan, karena jika dipaksakan dengan persiapan yang buruk akan berakibat fatal.

Empat Agenda ini wajib dilakukan setiap tahun. Agenda ini adalah dasar kegiatan utama setiap Organisasi Otomotif. Banyak Klub Motor yang memiliki Agenda Wajib Tahunan lebih lagi. Terlebih Klub Nasional, biasanya Agenda Wajib Tahunannya ada Gathering Nasional/Daerah atau Jambore Nasional/Daerah.

Organisasi Otomotif

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.