PERAYAAN DAN SEJARAH 75 TAHUN MV AGUSTA

Pabrikan motor asal Italia bernama MV Agusta peringati 75 tahun hari jadinya 19 Januari lalu dan beberapa hari lalu mereka baru saja melaksanakan perayaan. Perayaan yang dilakukan di La Casa Schiranna, dilakukan peniupan 75 lilin dan dilanjutkan dengan mempresentasikan sejarah keberhasilan MV Agusta dalam dunia Industri dan Olahraga, serta memproyeksikan rencana masa depan. Perayaan terbesarnya akan dirayakan di Varese bulan Juni nanti.

MV Agusta First Factory
Pabrik pertama MV Agusta

MV Agusta merupakan pabrikan Motor Sport yang sampai saat ini memegang rekor terbanyak menjuarai ajang balap Dunia saat itu, yang kita kenal dengan nama MotoGP saat ini. MV Agusta memegang 37 juara dunia dan Show Room-nya ada di seluruh dunia serta setiap motor MV Agusta memiliki gengsi tersendiri.

Sejarah MV Agusta berawal di tahun 1945, lahirnya Mecchanica Verghera Srl di Cascina Costa.Dimana Keluarga Agusta yang memegang peranan dalam Industri Penerbangan, tidak diperbolehkan lagi membuat Pesawat Terbang dalam periode paska perang. Maka keluarga Agusta mengekspresikan hasratnya dalam teknologi dan kecepatan dengan membangun Sepeda Motor.

MV Vespa 98
MV98, Model pertama MV Agusta

Dalam sejarahnya MV Agusta pertama kali membangun sebuah motor dengan mesin 98 cc. Model pertama tersebut dinamai “Vespa”, namun karena nama tersebut sudah digunakan, maka MV Agusta mengubahnya dengan menyebutnya MV98. MV Agusta sangat cepat melihat pasar, mereka merubah MV98 dari model balap menjadi motor jalanan. Hasilnya MV98 menguasai pekan raya Milan di tahun 1947.

Boss MV Agusta saat itu, Pangerang Domenico Agusta juga berbakat dalam memilih pembalapnya. Terbukti 11 pembalap MV Agusta sangat menguasai setiap ajang balap. Berikut daftar 11 pembalap legenda MV Agusta;

  1. Franco Bertoni, pembalap pertama MV
  2. Arcisio Artesiani
  3. Carlo Ubbiali
  4. Leslie Graham
  5. Cecil Sandford
  6. Fortunato Libanori
  7. John Surtees
  8. Mike Hailwood
  9. Gianfranco Bonera
  10. Giacomo Agostini
  11. Phil Read
Giacomo Agostini MV Agusta
Giacomo Agostini bersama MV Agusta menjuarai 13 juara dunia

Dari sebelas nama tersebut, Giacomo Agostini yang paling sukses membawa nama MV Agusta. Kombinasi antara Agostini dengan MV Agusta adalah paduan paling terkenal dan terbaik dalan sejarah balap motor. Agostini memenangkan 13 gelar dunia, 18 kejuaraan Italia dan 10 Tourist Trophy.

Saat Pangeran Domenico Agusta meninggal tahun 1971, perusahaan ini tampak berantakan. Hingga akhirnya setelah kemenangan terakhir Agostini di Nurburgring tahun 1976, perusahaan MV Agusta tidak beroperasi lagi. Hingga pada tahun 1992, Claudio Castiglioni Cagiva mengambil alih merk MV Agusta dan memulai kembali produksi di Schiranna, Varese.

MV Factory
Pabrik MV Agusta saat ini Varese

Dipimpin oleh Claudio Castiglioni, MV Agusta kembali memperoleh ketenaran dan prestis-nya. Claudio benar-benar serius membangun MV kembali, hingga berhasil membawa MV Agusta ke era baru saat ini. MV Agusta F4 750 cc, 4 Silinder adalah Superbike pertama sekaligus motor pertama dalam era baru.

This slideshow requires JavaScript.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.