LIMA AGENDA AWAL PENDIRIAN KLUB/KOMUNITAS OTOMOTIF

Agenda Pendirian Klub

Membuat Klub atau Komunitas Motor memang gampang=gampang sulit, tergantung sejauh mana anda ingin mendirikan Klub/Komunitas tersebut. Jika untuk menjadi Klub Motor seutuhnya, anda harus berfikir bahwa ini adala sebuah Organisasi Otomotif.

Untuk menjadi sebuah Organisasi sebaiknya anda harus membangun dengan konsep dan pondasi yang kuat. Dalam merangkai sebuah Organisasi Otomotif, sebaiknya anda harus menjalani Agenda Awal pendirian berikut;

1. Musyawarah Awal

Musyawarah ini untuk membentuk kepengurusan kecil/forum. Tidak perlu formal, bisa dilakukan di tempat Kopdar, namun bersifat Resmi dengan adanya Notulen resmi yang disepakati. Yang perlu ditentukan adalah Ketua, Sekretaris, Bendahara & Humas. Tujuannya supaya Klub/Komunitas yang anda rintis bisa terarah dan melakukan agenda berikutnya. Masih banyak yang tidak menyadari pentingnya Musyawarah ini, padahal dari Musyawarah ini kalian bisa liat kinerja para Pendiri dan juga NRA biasanya terbentuk dari sini. Dengan kesepakatan di Musyawarah ini, maka resmilah tanggal berdirinya Klub tersebut. Bisa dibilang ini Pasak Pertama atau Tonggak bersejarah Klub anda.

2. Rapat Kordinasi Perumusan AD/ART atau Peraturan Komunitas

Rapat ini untuk pembuatan Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga Klub sebelum dibahas dan disepakati di Musyawarah Besar. Jika anda anda komunitas sederhana, bisa merumuskan Peraturan Komunitas. Namun kalian jangan datang tangan kosong ke Rapat Kordinasi ini, Team Perumus harus sudah membawa Draft AD/ART.

3. Musyawarah Besar

Namanya Musyawarah Besar, disinilah anda bisa membahas dan berdikusi secara besar-besaran. Pembahasan AD/ART supaya dimengerti dan disepakati untuk bisa dijalankan oleh seluruh Anggota secara berkesinambungan. Konsep, Program dan Pilar Organisasi bisa anda diskusikan dan jabarkan secara mendalam. Di momen inilah anda membangun Struktur Kepengurusan Organisasi seutuhnya. Untuk Klub yang bersifat Nasional juga bisa menggunakan nama Musyawarah Nasional dan Musyawarah Daerah untuk Chapter-nya.

4. Sowan atau Kunjungan

Sowan atau Kunjungan ke Klub atau Organisasi ini sangat penting sekali. Ini adalah aktifitas untuk memperkenalkan Klub/Komunitas kita komunitas lain yang telah ada. Bisa dibilang juga sebagai ungkapan permisi kepada Klub/komunitas yang sudah eksis saat itu. Dalam memperkenalkan Klub tidak hanya monoton dengan Sowan saja, mengikuti berbagai aktifitas otomotif dan lainnya juga trik tepat untuk mendongkrak nama Klub/Komunitas kita.

5. Deklarasi

Tahap terakhir adalah Deklarasi, sebuah Agenda yang memerlukan kerja keras. Dengan sebuah acara Deklarasi, anda secara resmi memperkenalkan bahwa Klub/Komunitas yang anda dirikan benar-benar nyata keberadaannya. Konsep Deklarasi bisa Mewah maupun Sederhana, namun tidak ada yang namanya Deklarasi Internal. Namanya juga Deklarasi, supaya banyak orang tahu. Kalo Internal siapa yang tahu, sekalian saja semua kegiatannya Internal.

Semua Agenda tersebut untuk Klub atau Komunitas baik Motor atau Mobil, bahkan juga untuk semua Organisasi. Dan sistem Organisasi juga akan terus berkembang dan mengikuti jaman, sehingga bukan tidak mungkin Agenda Awal lainnya akan bertambah dan semakin memperkuat Klub atau Komunitas tersebut.

Organisasi Otomotif

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.