TEKNOLOGI AUTO BLIPPER,TURUN GIGI TANPA KOPLING

Banyak mungkin yang sudah tau tentang teknologi Quick Shifter, yaitu teknologi naik gigi tanpa tekan kopling. Berlawanan dari kinerja Quick Shifter, ada teknologi Auto Blipper atau Blipper Shifter. Blipper adalah teknologi penurunan gigi persneling tanpa menekan tuas kopling.

Teknologi ini sebenarnya sudah cukup lama diaplikasikan di motor, namun kurang populer, karena biasa terdapat pada motor Premium. Tidak semua motor Premium sudah tersemat teknologi ini, jadi hanya motor tipe tertentu saja.

auto_blipper_quick_shifter_1

Mekanismenya kurang lebih sama dengan Quick Shifter, hanya saja ini untuk aplikasi turun gigi. Dengan penambahan adapter, sensor dan konektor yang membantu kinerja saat turun gigi. Kecepatan penurunan giginya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, khususnya ditujukan pada kecepatan tinggi maupun balap.

Di motor lawas seperti F1ZR juga tersemat semacam fungsi Quick & Blipper Shifter. Namun pada motor tersebut hanya untuk mempermudah pengguna motor yang belum lancar kopling, jadi semacam motor tanpa kopling saja. Beda dengan Blipper, Blipper mampu menyesuaikan kinerja mesin tanpa kehilangan tenaga dan penyesuaian yang cepat. Sehingga aksi manuver tidak kehilangan momen dan waktu.

Blipper Adapter
Perangkat Auto Blipper Shifter

Blipper ini awalnya diaplikasikan pada Motor Trail, sehingga ketika tangan sedang fokus menggemgam stang untuk menyeimbangkan saat melompat, namun gigi bisa diturunkan dengan mudah tanpa bantuan kopling. Teknologi Blipper ini juga ada beberapa jenis, termasuk menggunakan tombol.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.