Automotive Gears

HELM JADI PENENTU KASTA SEORANG BIKER

Helm saat ini bagi pengguna sepeda motor bukan hanya sebagai pelindung kepala semata, namun saat ini Helm menjadi tolak ukur kepedulian keselamatan, prestis, style bahkan strata seorang Bikers. Bisa dibilang kasta seorang Bikers bisa dilihat dari Helm yang dia kenakan, dalam hal ini kasta tidak melihat dari segi tipe motornya.

Kasar sepertinya jika menyebutnya dengan Kasta, namun memang seperti itu. Berikut beberapa Level Bikers berdasarkan Helm yang dikenakan:

1. Bikers Newbie / Entry Level

Di Level ini seorang Bikers hanya fokus ke tipe Helm yang layak pakai dan aman. Helm pada Level ini minimal sudah memiliki sertifikasi SNI dan DOT. Brand Helm juga harus diperhatikan, Brand yang sudah diakui adalah KYT, NHK, INK, Cargloss, MDS dan beberapa lainnya. Kisaran harga pun masih disekitar 500 ribu rupiah ke bawah, jadi sudah taukan tipe apa saja? Brand Helm tersebut memang Helm Lokal, namun untuk kualitasnya tidak perlu dipertanyakan. Di tingkat inilah status Bikers baru bisa disebut, dimana kepedulian anda terhadap keselamatan dan gaya masih ditingkatan awal.

NHK-RX9-MOEX-MUFFLER
NHK RX9 MOEX MUFFLER

2. Bikers Advance / Level Up

Naik setingkat, Bikers dilevel ini sudah punya pemikiran lebih maju dan lebih peduli terhadap keamanan Helm serta gaya. Patokan Helm di Kasta ini adalah Helm KYT Vendetta dan Brand Helm lain yang sekelas dengan Vendetta. Bikers dengan Helm ini biasanya sudah cukup umur dengan motornya dan dengan pergaulan Bikers. Karena jika tidak punya jiwa Bikers yang cukup, jarang ada orang yang mau menggelontorkan uang yang lumayan untuk membeli Helm dikelas ini.

KYT Vendetta
KYT Vendetta

3. Bikers Senior / Legend

Di Kasta ini, Bikers sudah sangat peduli terhadapa keselamatan, keamanan, kenyamanan dan gaya dari Helm yang digunakan. Di level ini Helm sudah masuk prestise atau kebanggan tersendiri. Pada Level ini, kelas Bikers sudah berbeda, tergolong orang yang bangga dan berpikiran bahwa Bikers adalah Hobby dan Lifestyle. Patokan Kasta ini, minimal memiliki satu Helm luar (Import), minimalnya adalah Nolan & AGV. Memang Nolan saat ini kurang menjadi selera anak Milenial, namun dibawah tahun 2000, Nolan adalah Helm kebanggaan tersendiri bagi seorang Biker. Dan untuk Helm AGV gak perlu dijelaskan lagi kali. Semua Bikers tau Helm ini, kalo gak tau jangan jadi anak motor. Namun bukan berarti harus Helm Import, Helm lokal saat ini juga sudah memiliki kelas yang sama dengan Helm luar sana. Dua Brand KYT dan NHK juga masuk dalam daftar wajib punya saat ini. 

4. Bikers Helmet Lovers

Ini dia Kasta lain dari Biker pecinta Helm, namun sebenarnya Bikers ini biasanya bukan Bikers sejati. Mereka disebut Bikers karena pengguna motor, dan Hobby mengoleksi Helm. Pada level ini, sudah gag mikir duit untuk memboyong sebuah Helm. Yang mereka pikirkan adalah prestis, harga dan keinginan memiliki, jadi jangan bicara kebutuhan dengan Kasta ini. Disini mereka lebih mengerti soal detil dan motif Helm, bahkan beberapa ketentuan khusus jadi perhatian. Pada beberapa kasus, sertifikasi produk juga wajib, semisalnya Helm yang mau dibeli wajib bersertifikasi SNELL atau lainnya. Masuk Kasta Bikers ini, kalian wajib memiliki minimal tiga Helm dengan Level Premium. Kebayang donk, Helm Premiumnya aja ada tiga, sudah pasti minimal punya satu Helm harian Full Face dan Half Face. Pada Kasta ini juga memiliki tingkatan tersendiri, dan biasanya memiliki Helm Arai adalah Proud tersendiri.

arai_helmet_rx-7v_replica-vinales-25
Arai RX-7V Vinales

Jika anda merasa seorang Bikers, mau tidak mau, suka tidak suka, anda akan masuk dalam strata tersirat dan tak berwujud tersebut. Ketentuan tersebut memang tak berkesepakatan, namun berbanding lurus dengan jiwa, minat dan umur perjalanan anda dalam dunia motor. Semakin anda menjiwai dan mencintai, semakin tinggi juga kepedulian anda pada Helm dan keselamatan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s