Automotive Info

WASPADA BLIND SPOT KENDARAAN BESAR MENGANCAM KESELAMATAN ANDA

 

Blind Spot atau area buta pada setiap jenis kendaraan pasti berbeda. Untuk jenis Blind Spot kendaraan besar akan lebih banyak dan juga pasti potensi bahayanya lebih tinggi. Buat para pengendara motor dan mungkin juga pejalan kaki harus waspada pada beberapa Blind Spot dari Truk, Bus dan Container.

Blind Spot pada kendaraan besar
Blind Spot pada kendaraan besar

Berikut area Blind Spot pada kendaraan besar:

1. Area Depan

Faktor tinggi kendaraan membuat bagian depan tidak terlihat oleh pengemudi. Jadi jika kalian merasa aman di depan kedaraan besar, kalian salah besar, karena ini adalah Blind Spot paling mematikan. Sebaiknya anda tidak berada di area ini, banyak kejadian pada area depan, apalagi di saat macet atau berhenti saat lampu merah. Sebaiknya anda bunyikan klakson saat berada di bagian depan Truk.

2. Area Samping

Area samping juga menjadi area berbahaya, tepatnya area yang tidak terlihat oleh spion. Area ini memang ambigu atau antara iya dan tidak, disadari atau menyadari. Intinya jika anda disamping kendaraan besar, sebaiknya jaga jarak atau membunyikan klakson. Jika mungkin, pastikan anda terlihat oleh sopir atau spion.

3. Area belakang

Area ini mutlak tidak dapat terlihat oleh pengemudi, karena kendaraan besar tidak memiliki visibilitas atau celah pandang ke belakang. Sopir hanya bergantung pada spion saat melihat ke belakang, biasanya kernet yang membantu melihat saat mundur. Jadi anda jangan coba-coba mendahului saat kendaraan besar mundur, karena selain tidak melihat, suara klakson anda tidak terdengar karena jarak sopir yang cukup jauh. Anda juga jangan sekali -kali berada dibelakang Truk saat melaju, karena jika harus berhenti tiba-tiba, sopir tidak bisa memprediksi keberadaan anda dibelakang.

Riding
Pastikan anda tidak berada seperti motor yang dilingkari merah

Jadi ingat, keselamatan dijalan adalah tergantung pola pikir dan sikap anda dijalan. Pengetahuan yang baik tentang potensi bahaya akan membuat anda lebih mengerti keselamatan dan mengurangi resiko kecelakaan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s