Automotive Gears

SCORPION EXO-R1 AIR, HELM IDOLA BARU SAAT INI

Scorpion Helmet adalah salah satu helm dari sebelas helm yang berperan di MotoGP. Helm ini bukan helm yang baru mengikuti ajang balap motor nomor satu dunia ini. Namun helm ini sedang menjadi daya tarik tersendiri baik di MotoGP maupun di World Superbike.

Alasannya ketenaran Scorpion Helmet tidak lain adalah faktor Rider penggunanya yang sedang naik daun. Di MotoGP sendiri, Scorpion Helmet sebelumnya sudah dipakai Alvaro Bautista, namun minimnya performa Bautista membuat helm ini ikut tenggelam. Namun saat dipakai oleh Fabio Quartararo, Helm ini langsung melesat menjadi daya tarik tersendiri. Walau Finish di posisi 16, Fabio mencatatkan performa gemilang dengan beberapa kali membuat Fastest Lap dan menjadi pusat perhatian ketika motornya mogok saat Warm Up Lap.

 

This slideshow requires JavaScript.

Khusus di Indonesia, Scorpion menjadi perhatian karena membuat sakit hati para pecinta KYT Helmet karena menikung kontrak Fabio Quartararo untuk memakai KYT di kelas MotoGP.

Bautista sendiri saat ini sangat mengharumkan nama Scorpion di ajang WSBK dengan menggondol enam kali kemenangan dalam dua seri pertama.

Ketiga faktor tersebutlah yang membuat helm Amerika ini menjadi magnet baru dunia helm saat ini. Tapi apakah anda tahu lebih detil mengenai helm tersebut?

Kedua helm Scorpion yang dipakai kedua pembalap tersebut adalah dua tipe yang sama, yaitu Scorpion EXO-R1 AIR. Berbeda dengan helm balap MotoGP yang menggunakan Carbon Fibre pada umumnya, EXO-R1 AIR menggunakan material TCT (Thermodynamical Composite Technology). Teknologi Komposit Termodinamik ini memiliki struktur yang ringan dan kuat, diklaim memberikan perlindungan terbaik dan belum pernah ada sebelumnya. TCT ini adalah Smart Material, dimana deformasinya progresif saat menerima guncangan, memungkinkan untuk menyerap dampak energi sebanyak mungkin sambil mempertahankan struktur tertentu dan terkuat untuk melindungi kepala.

53365998_1177140542462725_7012680786814003814_n
Scorpion Exo-R1 Air milik Alvaro Bautista

Helm ini di Design sangat Aerodinamis, nyaman dan lebih kedap suara. Dengan Strap Double-D Ring yang terbuat dari  Titanium, kuat dan lebih aman. Sistem ventilasi dan pernafasan sangat baik, sehingga meningkatkan kinerja anti kabut lebih maksimal. Helm ini juga dilengkapi sistem pelepasan darurat untuk bantalan pipi, sehingga memudahkan pelepasan helm dalam kondisi darurat.

Spesialnya helm ini, Outshell nya memiliki tiga ukuran pilihan. Untuk memiliki tipe Street Helmet Scorpion Exo-R1 Air dibanderol mulai dari € 320 atau sekitar Rp. 5,000,000.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s