Automotive Gears

FUNGSI KATALIS KONVERTER PADA KNALPOT

Sesuai peraturan pengendalian emisi gas buang pada sepeda motor dengan standar Euro 3 yang mulai berlaku sejak 2007. Maka produksi sepeda motor di Indonesia saat ini sudah sesuai standar Euro 3, lalu apa yang membeda pada sepeda motor berstandar Emisi Euro3?

Standar Emisi Euro 3 adalah standar pembatasan nilai gas buang yang dianggap beracun atau polutan seperti pada tiga senyawa kimia, yaitu: Nitrogen Oksida, Karbon Monoksida dan Hidrokarbon.

Kawasaki ZX10 Launch 2004

Jadi fungsi Katalis Konverter pada knalpot adalah untuk mengurangi atau menghilangkan ketiga senyawa polutan itu dari emisi pembakaran yang dihasilkan mesin.

Katalis Konverter yang digunakan pada motor yang dipasarkan menggunakan material Paladium dengan bentuk sarang madu (Honeycomb). Kerja Katalis ini memanfaatkan Reaksi Redoks (Reduksi-Oksidasi) yang terjadi saat gas buang melewati celah-celah Katalist yang terbuat dari Paladium. Material Paladium ini langsung bereaksi dengan ketiga senyawa tersebut langsung mengoksidasi dan mereduksi senyawa tersebut sehingga gas emisi yang keluar dari knalpot lebih bersih dari ketiga senyawa polutan tersebut.

ACATCatalyticConverter-Cuta
Catalist Converter berbentuk Honeycomb

Hal ini membuat gas buang knalpot motor saat ini sangat ramah lingkungan. Efeknya pun sangat baik untuk banyak hal, termasuk kesehatan tubuh kita.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: