Automotive Gears

BERIKUT BEBERAPA FUNGSI GLASSWOOL PADA KNALPOT

Pada beberapa tipe knalpot ada yang menggunakan Glasswool untuk mencapai kebutuhan suara. Penggunaan Glasswool ini pada Silencer atau tabung knalpot, tujuan utamanya adalah mereduksi suara yang dihasilkan oleh pembuangan mesin.

Tapi apakah anda tahu tentang Glasswool seutuhnya. Mari kita sama-sama pelajari sedikit tentang Glasswool.

1034001glaswooll780x390

Glasswool adalah material insulasi yang terbuat dari Fiber Glass yang melalui proses tertentu sehingga bertekstur seperti wol/bulu domba.

Glasswool untuk knalpot ada beberapa tipe yaitu, Glasswool Kuning, Glasswool Putih, Steelwool dan Carbon Fiber. Dari empat tipe tersebut memiliki perbedaan karakter suara yang identik, serta umur pakai berbeda.

Glasswool kuning merupakan tipe terendah dengan umur pakai yang sangat rendah. Glasswool putih merupakan tipe Glasswool dengan umur pakai lebih lama dari Glasswool kuning, suara yang dihasilkan juga berbeda. Steelwool memiliki umur pakai yang sangat lama, namun karakter redaman suara yang dihasilkan berbeda dengan Glasswool Fiber Glass. Sedangkan Glasswool Fiber Glass merupakan Glasswool dengan umur pakai cukup tinggi dan dengan redaman suara yang sangat baik, namun harga Glasswool ini cukup tinggi.

IMG-20190305-WA0015

Kegunaan Glasswool ternyata bukan cuma sebagai peredam, tapi Glasswool ini sangat mempengaruhi performa fan juga peredam panas. Karena penggunaan Glasswool mempengaruhi ukuran tabung dari Silencer itu sendiri.

Penggunaan Glasswool pada knalpot sudah melalui riset, sehingga jika Glasswool habis atau ditambah, maka berdampak pada performa motor. Penggunaan Glasswool hanya satu lembar, jika menggunakan dua lemar otomatis akan meredam suara lebih namun mengurangi performa.

Jadi bijaklah memakai Glasswool dan gantilah berkala sesuai kebutuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s