Automotive Info

HATI-HATI GENANGAN AIR BISA MEMBUAT ANDA CELAKA SAAT BERKENDARA

Saat anda berkendara dalam kondisi hujan dan jalanan penuh genangan air, ancaman kecelakaan sangat tinggi pada kondisi ini. Kondisi tersebut membuat kendaraan anda tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan yang sangat fatal. Kondisi tersebut disebabkan oleh AQUAPLANNING atau HYDROPLANNING.

Aquaplanning atau Hydroplanning adalah kondisi dimana mobil menginjak suaty genangan air, namun tapak ban tidak menyentuh aspal lagi, tapi justru melayang di permukaan air. Hal tersebut disebabkan oleh:

1. Fakto kecepatan yang tinggi
2. Kondisi ban yang sudah gundul atau sudah aus
3. Hujan lebat yang mengakibatkan genangan air cukup tinggi

View this post on Instagram

AQUAPLANING ATAU HYDROPLANING CURAH HUJAN TINGGI … BISA MENYEBABKAN AQUAPLANING *APA ITU AQUAPLANING AQUAPLANING adalah kondisi, mobil waktu menginjak genangan air, kemudian tapak ban tidak menyentuh aspal lagi, tapi justru melayang di permukaan air!!!! Kenapa bisa begitu? 1. Karena kecepatan yg tinggi 2. Kondisi ban yg halus atau sudah aus 3. Hujan lebat dan genangan air cukup tinggi Akibatnya: MOBIL SEPERTI AKAN SLIDE OUT ATAU OVERSTEERING Seperti keterangan gambar, .. Pada waktu kecepatan tinggi, ban menabrak air, maka air yg terkumpul menyebabkan gelombang, didepan ban… Berlaku hukum alam tentang air… Semakin cepat menghantam air maka air jadi semakin keras. Jadi, ban seperti menginjak atau mendaki keatas kepermukaan air…. Maka terjadilah AQUAPLANING

A post shared by Indonesian Crush (@indonesiancrush) on

Akibatnya:

Mobil akan mengalami kondisi tidak dapat dikontrol atau biasa disebut Slide Out atau Oversteering. Seperti terlihat pada Video. Dimana mobil pada waktu kecepatan tinggi melintasi genangan, ban yang melintas atau menghantam air menyebabkan pemusatan genangan atau menyebabkan gelombang didepan ban. Saat itulah berlaku hukum fisika tentang air, dimana semakin cepat hantaman yang diterima air maka air akan membentuk permukaan yang semakin keras. Maka, ban akan menginjak atau melayang di atas permukaan air. Saat itulah ban meluncur tanpa ada cengkeraman dan tidak bisa dikendalikan. Kondisi ini disebut Aquaplanning.

Thread Depth Aquaplanning

Kondisi ini bisa terjadi pada semua kendaraan, baik roda dua atau roda empat. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya anda mengikuti beberapa hal berikut:

  1. Pastikan kondisi alur ban anda masih bagus dan tebal
  2. Pilih ban dengan alur yang membelah air atau melawan arah
  3. Kurangi tekanan ban
  4. Kurangi kecepatan berkendara

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s