Automotive Gears

REVIEW DISC BRAKE TDR, PEMAKAIAN 25,000 KM MASIH MULUS

Setelah mengevaluasi Brake Pad milik TDR, kami melakukan evaluasi lanjutan pada Disc Brake TDR. Umur pakai Disc Brake TDR ini lebih lama dari pemakaian Brake Pad, karena saat pemasangan Disc Brake ini tidak langsung mengganti kanvas rem TDR, melainkan tetap menggunakan kanvas rem OEM yang sudah terpasang sebelumnya.

Penggunaan Brake Pad OEM sekitar enam bulan. Saat menggunakan Brake Pad bekas tersebut keadaan bantalan rem sudah tidak rata atau profil permukaan bergelombang. Butuh sekitar 2-3 hari untuk mencapai permukaan bantalan Brake Pad rata sesuai Disc yang masih rata. Hal tersebut bisa dirasakan dengan kemampuan bantalan melakukan pengereman.

20181226_121616
Jarak tempuh saat ini motor Yamaha R15 yang menggunakan Disc Brake TDR

Setelah sekitar enam bulan baru saya mengganti dengan Brake Pad TDR yang baru. Dengan Brake Pad TDR baru, kemampuan kanvas rem langsung pakem. Artinya Brake Pad dan Disc Brake dalam Contour yang sama atau sama-sama rata.

Pemakaian Disc Brake ini sudah lebih dari 25,000 km, bahkan saat ini masih menempel di motor Yamaha R15 yang masih terpakai sampai saat ini. Yang mengejutkan, Disc Brake ini masih rata bahkan bisa disebut mulus. Jika dibersihkan dan digosok, mungkin Disc Brake tidak terlihat bekas bahkan bisa diklaim baru.

20181226_105825
Kondisi Disc Brake depan saat ini yang telah menempuh lebih dari 25,000 km

Sungguh kualitas yang sangat baik, pengurangan ketebalan Disc Brake TDR tersebut sangat kecil sekali, seakan tidak ada penipisan. Hal ini disebabkan oleh kualitas material antar Pad dan Disc saling menyesuaikan dan tidak saling memakan. Padahal pemakaian bukan hanya harian, namun digunakan untum Touring dan kompetisi.

Sudah pasti dengan pasangan material yang tepat, secara langsung membuat Lifetime Disc dan Pad sangat panjang. Dan ini sudah terbukti. Jika anda tidak percaya, anda bisa lihat langsung Disc Brake ini, dan bandingkan dengan kondisi Disc Brake anda.

20181226_105909
Kondisi Disc Brake belakang saat ini yang telah menempuh lebih dari 25,000 km
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s