Automotive Gears

REVIEW BRAKE PAD TDR, PEMAKAIAN 20,000 KM MASIH LAYAK PAKAI

Brake Pad atau kanvas rem adalah salah satu bagian paling penting buat motor anda. Tanpa Brake Pad yang baik, kecelakaan akan mengintai anda selalu. Jadi faktor keamanan berkendara wajin peduli terhadap kanvas rem anda.

Saya coba mengulas ulang pemakaian kanvas rem yang telah saya pasang sekitar dua tahun lalu. Bisa dipastikan jarak tempuhnya sudah lebih dari 20,000 km. Dan pemakaian motor ini buat harian, Touring bahkan kompetisi dengan gaya pemakaian rem saya Power Brake atau cukup keras dan jarak dekat.

20181226_121610
Odometer motor saya saat ini sudah menempuh jarak lebih dari 60 ribu Kilometer

Brake Pad yang saya gunakan bermerek TDR. Dengan material non asbes yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan, TDR Brake Pad ini Plug & Play untuk motor R15 yang saya gunakan. Brake Pad tipe ini juga bisa digunakan pada tipe rem motor Yamaha lainnya seperti NMax, Vixion, Vega dan Jupiter MX.

Ketebalan Pad pada kanvas rem TDR saat baru sekitar 4 mm, dan setelah saya gunakan dua tahun ketebalan saat ini masih 2 mm. Jika anda lihat pada gambar, Brake Pad tersebut masih layak pakai. Artinya jika berpedoman pada reduksi material selama dua tahun, Brake Pad ini masih layak pakai setahun lagi.

20181226_110024
Kondisi sisa bantalan rem masih sekitar 2 mm.

Soal harga memang Brake Pad TDR ini cukup mahal jika dibanding produk OEM-nya. Harga Brake Pad TDR Rp. 125,000. Namun jika Lifetime-nya tiga kali lipat dari Brake Pad OEM sudah berarti Brake Pad TDR ini jauh lebih murah.

Soal kemampuan pengereman tidak usah diragukan, dengan kekuatan material seperti itu sudah pasti kemampuan pengeremannya bisa dihandalkan sampai kecepatan tinggi. Namun bagaimana dengan Brake Feel atau rasa pengereman atau biasa disebut modulasinya? TDR Brake Pad ini memang tingkat modulasinya rendah, efek dari material yang lebih keras membuat kanvas rem bekerja spontan dan cepat. Brake Pad ini cocok sekali untuk teknik pengereman multipel.

20181226_110118
Kondisi semua sisi bantalan rem rata berkurang dan tersisa 2 mm dan profil separator bantalan masih terlihat jelas

Sensasi TDR Brake Pad yang saya jabarkan diatas dengan aplikasi menggunakan TDR Rotor Disc Brake. Ada kemungkinan perbedaan rasa jika anda menggunakan Disc Brake dengan Brand lain. Penasaran? Silahkan dicoba dan bandingkan perbedaannya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s