YSR News

YAMAHA SUNDAY RACE 2019 SIAPKAN DUA KELAS BARU

Yamaha Sunday Race adalah gelaran balap yang paling ditunggu di Indonesia. Wajar saja, karena ajang balap ini merupakan ajang balap paling profesional dan berkelas. Dengan materi balap yang lengkap untuk semua kelas balap, YSR juga disajikan dengan cara esklusif dan dengan pengamanan ketat. Bahkan ajang balap terakhir Yamaha, yaitu Yamaha Endurance Festival sudah disiarkan Live melalui Youtube dan Facebook.

Dengan semua kemegahan tersebut wajar saja ajang balap milik Yamaha paling ditunggu oleh banyak pecinta balap dan juga para produsen Spare Parts untuk menampilkan kualitas produknya di ajang ini. Hal ini membuat pertumbuhan para pecinta balap Indonesia khususnya komunitas semakin bertambah dan meningkat.

Hal tersebut membuat Yamaha terus berpikir untuk mengakomodir keinginan para pecinta balap namun tetap membuat ajang ini semakin kompetitif. Belum lagi model terbaru dari R15 belum resmi dipertandingkan bagi komunitas. Hal ini yang membuat Yamaha akan mengeluarkan kelas baru ditahun 2019 nanti. Kelas tersebut adalah:

1. Kelas Sport 150 Comm Pro

Kelas ini adalah kelas untuk para Riders komunitas yang sudah profesional, bisa dikatakan adalah kelas Seeded pembalap komunitas. Dikelas ini hanya ada perubahan regulasi pada:

  • Ukuran ban kelas ini dibebaskan namun Velg tetap standar, perubahan ukuran ban ini sebenarnya berlaku untuk seluruh kelas komunitas baik Sport 150 ataupun 250.
  • Bagian magnet pada mesin akan menjadi Standard Modifikasi. Hal ini masih dikaji lebih lanjut oleh pihak Yamaha, dan Fix-nya akan diputuskan awal Februari nanti.
  • Syarat Rider yang akan masuk ini ke kelas ini adalah Rider dengan klasemen akhir peringkat 1 – 5 pada tahun balap 2017 atau 2018. Atau bisa juga Rider yang tidak termasuk syarat tersebut namun ingin bermain dikelas tersebut.

all-new-r15-comm-b

2. Kelas Sport 150 All New R15 Community

Ini dia kelas yang akan menjadi kenyataan dan sudah ditunggu oleh pemilik All New R15 dari tahun lalu. Kelas ini sebenarnya sudah disiapkan dari tahun ini, namun kuotanya belum terpenuhi. Kelas ini akan terwujud ditahun ini, karena All New R15 sudah banyak yang memiliki dan sudah berumur setahun sehingga para pemiliknya sudah tidak terlalu sayang, kecuali pemiliknya LEMAH. Adapun regulasi kelas ini adalah:

  • Kelas ini akan menggunakan regulasi kelas R15 Comm B.
  • Rider dikelas ini adalah Rider komunitas yang baru turun balap atau Rider komunitas dari kelas R15 Comm B.
  • Ukuran ban dibebaskan, namun ukuran Velg harus standar.
  • Penggunaan knalpot kelas ini diwajibkan standar atau OEM.

Pada YSR 2019 nanti akan ada tambahan regulasi lainnya, yaitu;

  • Safety Gear (Racing Suit, Gloves & Boots) diwajibkan layak balap. Hal ini akan diperiksa sebelum Pit In, dan jika tidak layak Rider tidak diijinkan masuk sirkuit. Untuk hal ini akan coba diakomodir Yamaha dengan menghadirkan Vendor penyewaan Safety Gear.
  • Untuk kelayakan Helm juga akan ditingkatkan lagi. Kondisi Helm juga akan diperiksa dengan sebelum Pit In. Kondisi Body, Visor, Strap dan asesoris lain akan masuk Point Check wajib.
  • Pada Entry List 2019 nanti akan diwajibkan mencantumkan nama Engine Tuner/Bulider. Hali ini untuk mempermudah tahap proses Scrute dan perekaman data pelanggaran.
  • Untuk ajang Yamaha Endurance Festival kelas komunitas akan mengalami kenaikan waktu menjadi 1 jam 30 menit. Namun masalah kekuatan ban masih dikaji terlebih dahulu.
  • Komplain terkait masalah dan hasil balap hanya dilakukan max. 30 menit setelah Race dilaksanakan.

Kerangka Regulasi di atas masih dalam tahap evaluasi dan akan diresmikan pada awal Februari nanti. Dan jika regulasi terbaru sudah disepakati akan berlaku selama satu tahun balap dan tidak dapat dinegoisasi kembali.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s