ARRC News

YAMAHA TJM RUNNER UP KLASEMEN TEAM & RAFID TOPAN POSISI TIGA DI KLASMEN AKHIR

Seri ke-6 atau babak final dari perhelatan balap bergengsi Asia Road Racing Championship 2018 (ARRC) telah berakhir di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, Minggu (2 Desember). Hasil optimal diraih tim satelit Yamaha Yamalube TJM yang menduduki posisi ke-2 dalam klasemen akhir tim konstruktor kejuaraan tim Asia Production 250 (AP250).

Pencapaian nilai yang maksimal di race pertama, Rafid Topan yang membesut pacuan Yamaha YZF-R25 meraih podium juara dan di race ke-2 finish di posisi ke-4. Pada sisi lain, Rafid Topan juga sukses berada di deretan ke-3 dalam klasemen akhir kategori pembalap AP250.

Rafid Topan Sucipto, Tim Satelit Yamaha Yamalube TJM (AP250)

“Saya senang karena apa yang ditargetkan saya dan tim tercapai. Dari hasil resmi race ke-2, saya berada di posisi ke-4, maka dari itu saya bisa berada di klasemen akhir ke-3 dan klasemen tim pada posisi runner-up. Di race ke-2 tadi memang hasil yang kurang baik, saya hanya bisa di barisan second group,” tutur Rafid Topan.

Sayangnya, rekan se-tim Rafid Topan, Anggi Setiawan mengalami crash di tikungan ke-2 pada lap ke-3 hingga tidak dapat melanjutkan balapan. Racer muda potensial asal Palu, Sulawesi Tengah ini ada di urutan ke-9 dalam klasemen akhir AP250.

Sehubungan jalannya race ke-2 AP250 memang sekitar 7-8 pembalap sudah memisahkan diri di lap ke-3. Mereka bertarung ketat untuk meraih hasil terbaik. Ini terus berlangsung hingga tikungan terakhir yang pada akhirnya membuat beberapa rider harus terkena sanksi penurunan posisi finish karena diputuskan melanggar batas track-limit.

Galang Hendra Pratama, Tim Yamaha Racing Indonesia (AP250) (2).JPG

Masih di race ke-2 AP250, racer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama dapat finish ke-5. Prestasi yang patut diapresiasi dikarenakana Galang Hendra tampil sebagai rider pengganti Faeroz yang absen karena mengalami cedera tangan. Tahun ini Galang Hendra konsen di balap dunia WorldSSP300.

“Pada race ke-2 saya melakukan start sangat baik, namun di lap ke-3 saya terpisah dari rombongan depan. Memasuki 3 lap terakhir saya bisa mendekat dengan rombongan depan kembali dan Alhamdulillah saya menyelesaikan race ke-2 diposisi ke-5. Dari hasil seri ini, saya enjoy bisa menyelesaikannya dengan baik dan saya ucapkan terima kasih untuk tim Yamaha Racing Indonesia, saya bisa balap di final seri ini sebagai pembalap pengganti Faeroz,” ucap Galang Hendra.

Richard Taroreh, Tim Yamaha Racing Indonesia (AP250) (1)

Sedangkan rekan satu tim Galang Hendra Pratama, Richard Taroreh tidak dapat menyelesaikan race ke-2 AP250 yang notabene berlangsung dalam menu 10 lap. Richard Taroreh harus masuk paddock pada lap ke-2. Tentu saja, tahun pertama keikutsertaannya dalam ARRC 2018 akan memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga sebagai modal penting di tahun berikutnya.

“Pada race ke-2, saya tidak dapat menyelesaikan perlombaan. Balapan ini adalah tahun pertama saya, banyak pengalaman yang saya dapatkan bersama tim Yamaha Racing Indonesia. Ini merupakan modal bagi saya untuk tahun berikutnya,” tutur Richard Taroreh yang pada akhirnya harus puas berada di deretan ke-15 dalam klasemen akhir AP250, sedangkan rekan satu timnya Faeroz di deretan ke-14 dan klasemen akhir tim konstruktor YRI berada di posisi ke-6.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s