Automotive Info

MODIFIKASI VS CUSTOM

Banyak yang membahas tentang apa itu Modifikasi dan Custom dalam dunia pengembangan motor. Banyak yang ber-argumen bahwa itu adalah sama, dan banyak juga yang berdebat bahwa itu beda.

Pada satu posisi ada yang menyebutkan bahwa motor yang dirubah olehnya adalah Custom, namun ada yang menyanggah bahwa motor itu modifikasi. Sebenarnya mereka sudah benar tahu tentang apa itu Modifikasi dan apa itu Custom.

Dalam dunia otomotif baik roda dua dan roda empat sama-sama ada penggila Modifikasi dan juga penggila Custom. Lalu mana yang bisa dikatakan Custom Bike dan mana yang Modification Bike. Begitu juga Custom Car & Modification Car.

Contoh Modification Bike Yamaha R15

1. MODIFIKASI

Diambil dari kata Modification yang berarti Perubahan. Dalam dunia motor, Modification Bike adalah seni merubah motor dengan tujuan mendapatkan bentuk baru yang sesuai keinginan atau konsep si pemilik. Namun pada Modifikasi perubahan yang dilakukan menggunakan Part atau komponen yang ada dipasaran atau komponen yang dibuat massal atau banyak. Jadi sang Modifikator cukup mencari komponen sesuai keinginannya dan memasang serta menyesuaikan pada motor yang akan dipasang.

 

Motor Chopper milik Pak Jokowi adalah salah satu contoh Custom Bike

 

2. CUSTOM

Sedangkan Custom diambil dari kata Cutomize yang memiliki arti Menyesuaikan. Dalam dunia motor, Custom Bike adalah sepeda motor yang dibangun secara khusus sesuai dengan gaya dan konsep si pemilik dengan perubahan secara bentuk dan struktur baik Body maupun Mesin dengan komponen terbatas atau komponen dirancang khusus sesuai keinginan pemilik. Komponen atau assesorisnya biasanya berubah drastis dan dibangun sesuai citra motor yang dikonsep. Biasanya bentuk dan gaya motor tersebut berubah drastis dan membuat tampilan baru.

Secara garis besar perbedaan antara Modifikasi dan Custom yaitu perubahan umum dan khusus. Artinya Modifikasi yaitu perubahan yang umum atau biasa, sedangkan Custom adalah perubahan yang khusus dan drastis yang menghasilkan tampilan yang lain.

Cover lampu Custom, dibuat khusus sesuai keinginan pemiliknya. Contoh komponen Custom
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s