MotoGP Info

ROSSI: DUCATI & HONDA BELAJAR DARI YAMAHA

Meski seri Misano lebih meniupkan cerita Romano Fenati dibanding sang juara seri tersebut, namun seri tersebut menguak sebuah komentar baru dari seorang legenda aktif MotoGP. Valentino Rossi berkomentar yang bisa dianggap fanatis namun merupakan True Story.

Rider MotoGP 39 tahun berpandangan bahwa Ducati & Honda belajar dari Yamaha. “Ducati dan Honda belajar dari Yamaha dengan menjinakkan mesin MotoGP mereka untuk meniru karakter pengendaraan M1 yang lebih halus”, ungkap Rossi saat di wawancara Crash Net. Pandangan ini untuk mendorong pengembangan mesin dan elektronik Yamaha supaya meningkatkan akselerasi dalam menghadapi Race lanjutan. Karena saat ini Yamaha sudah kehilangan 23 Race tanpa Podium Juara, sejak kemenangan Rossi di Assen tahun lalu. Hasil buruk ini akan menyamai hasil tahun 1997-1998.

Yamaha memang pernah melakukan perubahan besar saat kedatangan Rossi di tahun 2004 dengan konsep teknologi Inline 4-Cylinder yang dikombinasikan dengan gaya pembakaran Big Bang Crossplane dan Crankshaft perputaran terbalik. Namun sejak saat itu perkembangan Yamaha menjadi mandek.

“Kami harus mengatakan bahwa Ducati dan Honda belajar dari Yamaha, karena sudah 3-4 tahun lalu Yamaha sangat lembut namun Honda dan Ducati lebih banyak ‘menjerit’, lebih agresif. “Sepertinya di tahun-tahun terakhir Ducati dan Honda membuat motor mereka lebih seperti Yamaha. Tapi mereka punya mesin V, kami punya Inline 4 …. Bisa jadi [Ini masalahnya]. Tapi saya benar-benar tidak tahu”, papar Rossi.

Rekan se-Team Rossi sendiri juga merasakan kekurangan pada YZR-M1 setelah hanya mendpatkan posisi lima di Misano. Vinales juga berkomentar, “Saya bukan teknisi, saya tidak tahu [Apakah Yamaha perlu pindah ke V4]”.

Mungkinkah Yamaha akan berubah ke mesin V4 ditahun depan? Bagaimana menurut kalian?

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s