Automotive Gears

CARA PENGECATAN BODY MOTOR UNTUK PEMULA DENGAN SAMURAI PAINT

Pengecatan adalah proses pelapisan permukaan suatu media tertentu untuk mendapatkan warna sesuai yang diinginkan. Pengecatan adalah sebuah proses memperindah suatu permukaan media atau benda sehingga membuat media tersebut menarik. Namun proses pengecatan juga berfungsi melindungi permukaan atau benda tersebut dari jamur, karat atau menghindari benda menjadi rapuh karena kondisi kelembaban udara.

Head Cover atau Batok Buta sebelum setelah di amplas

Kali ini kita coba untuk melakukan pengecatan untuk Body motor, yaitu bagian batok atau Cover Head Lamp. Cat yang kita gunakan adalah Samurai Paint, cat buatan Jepang yang memang dirancang khusus untuk sepeda motor. Samurai Paint ini adalah cat semprot dengan kualitas nomor satu di dunia.

Pada proses standar Samurai Paint meliputi beberapa tahap, yaitu:

1. Cat Dasar Epoxy

Proses ini merupakan awal pengecatan untuk menetralisir permukaan benda sehingga memiliki warna netral yang merata. Proses ini sangat menentukan supaya warna akhir merata atau tidak ada warna sebelumnya yang keluar ke permukaan.

2. Cat Pelapis Bawah, Under Coating

Proses ini merupakan proses pelapisan warna dasar. Proses pewarnaan ini bertujuan memberikan hasil warna akhir yang sempurna. Proses untuk memberikan hasil warna utama yang sesungguhnya.

3. Cat Pelapis Atas, Top Coating

Proses ini adalah proses pelapisan dengan warna yang diinginkan. Untuk mendapatkan warna yang sesuai yang diinginkan, ditentukan oleh proses cat dasar dan cat lapis bawah.

4. Cat Metallic atau Glitter

Proses ini adalah memberikan kesan Metallic atau bintik silver atau biasa disebut Glitter. Ini adalah proses pembuatan warna Metallic secara manual atau ingin memberikan warna Mettalic sesuai keinginan. Pada Samurai Paint sendiri juga sudah ada pilihan warna Metallic.

5. Cat Bening atau Clear/Vernis

Proses ini adalah proses pelapisan akhir untuk memberikan kilau dan kesan bening atau basah pada hasil cat. Proses ini juga melindungi warna cat atas dari goresan halus. Pengecatan Clear ini di Samurai Paint juga bisa menggunakan dua tahap, Clear lapis bawah dan Clear lapis atas, namun proses ini opsional sesuai kebutuhan. Hasilnya pasti lebih berkilau dan juga biayanya akan lebih mahal.

Kondisi batok setelah pengecatan dan digunakan di ajang balap Yamaha Sunday Race

Pada video ini adalah proses pengecatan untuk pemula, proses penyemprotan dengan sangat halus, hal ini untuk menghindari warna yang tidak merata. Proses ini memakan waktu yang lebih lama dan penggunaan cat semprot yang lebih boros. Namun untuk proses belajar atau pemula sebaiknya menggunakan cara semprot seperti pada video.

Samurai Paint sendiri memiliki fitur Nozzle yang menyapu dan bisa diputar Vertikal atau Horizontal, sehingga sangat mudah digunakan. Selamat mencoba dan gunakan cat semprot Samurai Paint. Buktikan kualitas dan kemudahan pengecatan dengan cat semprot Samurai Paint.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s