Automotive Info

PENIPUAN SPBU CONDET TERUNGKAP SAAT PENGISIAN NISSAN SERENA

SPBU PERTAMINA 34-13501 yang berada di Jl. Raya Condet, tepatnya sebelah kanan jalan jika dari arah Cililitan. Terbukti melakukan penipuan takaran literan bensin, hal tersebut diketahui saat pengisian Nissan Serena yang berkapasitas 60 liter namun meteran mesin menunjukkan pengisian sampai 78,1liter.

Hal ini tentu saja mengejutkan pemilik mobil tersebut, sang pemilik juga menyebutkan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Nissan Serena ini 60 liter. Mendengar hal tersebut, sang operator hanya mengatakan, “Jika ingin komplain silahkan ke dalam, pak”. Hal jni sangat wajar, karena operator hanya menjalankan tugas pengisian. Pihak manajemen yang lebih mengerti perihal takaran atau ukuran serta kalibrasi mesin pengisi tersebut.

Melihat spesifikasi dari website resmi Nissan di http://www.nissan.co.id dengan jelas menunjukkan kapasitas bahan bakar 60 liter. Dan jika memperhitungkan perbandingan jumlah BBM yang terisi terhadap kapasitas tangki, anggap saja sisa BBM dalam tangki lima liter. Jadi kapasitas kosong sebanyak 55 liter, jika yang pengisian 78.1 liter berarti takaran satu liter mesin tersebut sekitar 700 ml.

Artinya SPBU Pertamina di wilayah condet ini menipu 300 mililiter dari setiap liter penjualannya. Sekitar 30% jumlah takaran yang ambil dari seharusnya. Jumlah yang sangat besar untuk sebuah penipuan takaran. Dari sini kita harus lebih jeli dalam melakukan pengisian bensin. Semoga pihak Pertamina segera menindak tegas SPBU yang melakukan kecurangan seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s