Automotive Gears

REVIEW PELUMAS YAMALUBE RS4GP PEMAKAIAN HARIAN DENGAN JARAK 2000 KM

Yamalube RS4GP memang sudah terpercaya di dunia balap. Beberapa waktu lalu kita sudah membahas dan membuktikan terkait kemampuan RS4GP memberikan banyak Trophy untuk TROW Racing Team. Namun evaluasi oli Premium Full Synthetic milik Yamaha Genuine Oil dilanjutkan untuk pemakaian harian.

Perbedaan yang dirasakan saat menggunakan RS4GP sepertinya pada suara mesin. Menurut pendengaran saya, suara mesin berbeda, sedikit lebih kencang. Selain itu, perbedaan pada tekanan kopling, kopling terasa lebih ringan. Dan yang pasti tarikan motor lebih ringan.

Perbedaan secara fisik dari RS4GP adalah warna merah muda yang dimilikinya, serta aroma oli yang wangi. Oli ini pun terlihat lebih mudah mengalir, dibilang lebih encer juga bisa. Yang pasti saat disentuh dan digesek pada jemari, oli jni terasa lebih licin. Hal inilah yang memberikan performa lebih baik dan kopling lebih ringan.

Pengujian kali ini masih menggunakan motor 150cc milik Yamaha juga. Yamaha R15 yang digunakan melakukan perjalanan sekitar 2000 KM atau selama dua bulan. Jarak tempuh aktualnya dari kilometer 51,065 sampai ke 52,989 atau tepatnya 1,924 KM.

Kilometer awal, saat oli baru digunakan

Saat menggunakan motor ini, pernah melakukan perjalanan sekitar 120 KM dari Tangerang ke Curug Cigamea dengan waktu tempuh tiga jam. Kondisi jalan lancar dan macet, kondisi jalan naik dan turun serta variasi kecepatan lambat hingga cepat. Semua kondisi tersebut dilalui tanpa ada halangan maupun slip kopling. Intinya tidak mengalami kendali sedikit pun untuk pemakaian dua bulan tersebut.

Kondisi fisik saat pengeluaran oli (Ganti oli) oli Yamalube RS4GP ini kondisinya masih baik. Warnanya tidak hitam pekat, namun terlihat ungu dan masih tembus pandang. Aroma oli pu tidak bau menyengat, wangi Additive masih terasa walau tidak sewangi saat baru. Dan soal kelicinan, oli ini masih sangat licin, sepertinya masih layak pakai untuk 1000 KM lagi.

Kilometer terakhir, saat RS4GP dikeluarkan

Volume Oli bekas saat di keluarkan ke wadah masih di angka sekitar 950 mL. Itu pun tidak terhitung yang berceceran saat proses pengeluaran dan yang tertinggal dalam mesin. Artinya oli ini minim atau tidak ada penguapan untuk jarak tempuh 2000 KM. Artinya umur oli ini bisa lebih dari 2000 KM. Dan juga oli ini sangat baik dipakai harian, ketahanan terhadap panas dan waktu tempuh juga baik.

Pada wadah juga tidak terdapat kotoran seperti gram besi atau endapan. Artinya, oli ini melapisi dan melindungi mesin dengan sangat baik. Jika anda tidak percaya, anda boleh membuktikannya sendiri dan anda boleh mengkritik saya.

Kesimpulan dari Review ini, Yamalube RS4GP sangat baik digunakan harian dan untuk High Performance (Balap).

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s