Automotive Gears

MENGENAL APA ITU SPEED READER SENSOR

Mungkin anda pernah dengar perihal Speed Reader atau Pembaca Kecepatan. Ini adalah sensor pembaca kecepatan aktual dari kendaraan yang sedang melaju di depan alat tersebut.

Alat ini mendeteksi kecepatan tanpa harus menyematkan alat (Transponder) pada motor atau mobil yang bergerak tersebut. Alat ini membaca benda yang bergerak melintas di depannya. Di Eropa dan Amerika, alat ini di pakai oleh Polisi Lalu Lintas untuk memeriksa kendaraan yang melaju pada jalan dengan batas kecepatan yang telah ditentukan.

Tapi tahukah anda bahwa ada kegunaan lain dari alat tersebut? Speed Reader ini juga digunakan untuk mengkalibrasi Speedometer atau mengetahui keakuratan Speedometer, khususnya untuk digunakan di dunia balap.

Mungkin saat ini teknologi dunia balap sudah cukup canggih dan terbuka. Untuk mengetahui kecepatan dan Timing para pembalap sudah bisa dilihat secara Real Time. Namun saat balap jaman dulu, dimana teknologi masih terbatas, Speed Reader sangat bermanfaat sekali untuk mengukur kecepatan aktual dan mengetahui Top Speed dari para kompetitor lainnya.

Walau teknolohi saat ini sudah sangat canggih, Speed Reader tetap digunakan di dunia balap untuk mengetahui dan membandingkan hasil Speedometer terhadap aktual di lintasan. Karena fungsinya sebagai Kalibrator, Speed Reader memiliki tingkat akurasi lebih baik dari Speedometer.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s