MODIFIKASI R15 V2 DENGAN INVERTED FORK XABRE, IKUTI TIPSNYA

Sudah pasti anda mengenal Yamaha R15, motor yang keluar tahun 2014 ini memang langsung menjadi idaman banyak orang muda. Motor yang dijuluki The Baby R6 ini memang mempunyai banyak kesamaan dengan sang kakak. Kemiripan tersebut mulai Headlamp R6 2007, buntut mirip dengan R6 2014 dan bentuk baju juga bisa dikatakan mirip.

Melihat dari itu banyak orang yang ingin memodifikasinya jadi seperti R6, termasuk menggunakan Shocks depan Upside Down. Mungkin jika sekedar hanya memodif Body dengan R6 Plug And Play R15 sudah biasa dan banyak. Kali ini kita akan melihat R15 dengan menggunakan Inverted Fork milik Xabre.

Saat proses pembongkaran Shock depan

Motor R15 V2 ini milik Dedy Riwandi, seorang member klub di wilayah Tangerang, klub tersebut biasa dikenal dengan sebutan TROW. R15 2014 ini sudah di ubah bentuk aslinya menjadi model R6. Mulai dari bagian Headlamp yang sudah menggunakan batok belah mirip R6. Kemudian buntut juga sudah menggunakan model R6. Yang tersisa hanya Fairing yang masih original.

Ini dia sisi kerennya, Shock Absorber depan menggunakan Inverted Fork punya Xabre. Ungkapan si pemilik, bahwa Dedy sangat suka melihat Shock Xabre yang berwarna Gold dan berdiameter besar. Gagah dan kokoh seperti Ohlins, katanya. Dan dia juga sangat menyukai warna Gold, bisa dilihat dari paduan Gold yang melekat dalam Stripping-nya.

Saat proses pemasangan Shock depan Xabre

Dengan diameter Shock Xabre yang lebih besar atau 47 mm, kamu harus menyiapkan Stang jepit baru dengan ukuran seperti itu atau lebih besar. Curhatannya Dedy, dia sempat kesulitan mendapatkannya, kurang persiapan. Dan akhirnya dia mendapatkan Stang Merk Zoxx berdiameter 51 mm.

Supaya tampilan lebih garang, Velg depan 2.75″ dan belakang 3.5″ Original Xabre juga ikut saya adopsi. Gag lupa sparkboard depan juga harus diganti karena yang punya R15 tidak PNP di shock USD Xabre, cerita Dedy saat sempat bingung karena harus tambah lagi yang dibelinya.

Satu lagi yang harus ditambah, Clamping Fork R15 bagian atas ditumpuk pada Clamping Fork punya Xabre. Hal ini supaya dudukan kunci kontak bisa terpasang dengan manis. Karena model kontak Xabre beda dengan R15.

Tampilan atas stang yang berubah, lebih padat

Lumayan banyak pengeluaran buat masang Inverted Fork Xabre, jadi beberapa Items harus anda tambah lagi. Berikut daftar Items yang harus dibeli saat memasang Fork Yamaha Xabre:

1. Inverted Fork, Rp. 5.030.000

2. Steerin Upper Bearing, Rp. 108.000

3. Handle Crown Xabre, Rp. 256.000

4. Handle Crown R15, Rp. 248.000

5. Front Fender, Rp. 115.000

6. Stang Zoxx, Rp. 350.000

Total, Rp. 6.107.000

Pengukuran diameter Shock, 47 mm

Lumayan merogoh kocek ya, tapi memuaskan hati. Dedy ini juga mengakui bahwa dia khilaf dan sudah kebelet karena silau melihat dan membayangkan Shock Xabre di R15 miliknya.

Buat yang berminat silahkan dicoba…

Proses pengecetan Velg Xabre, mengikuti warna Stripping
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s