WASPADA BAHAYA MENGANCAM XMAX MU SAAT MELINTAS GENANGAN AIR

Beberapa waktu lalu ada kabar tentang sebuah XMax rusak setelah melintasi genangan air tinggi. Yamaha XMax yang dimiliki oleh seseorang yang tinggal di kawasan Tangerang Selatan ini menginformasikan bahwa genangan tersebut kurang dari lutut orang dewasa.

Seberapa parah kerusakan XMax tersebut? Ternyata parah banget, lengan ayun Piston atau yang biasa disebut Crankshaft itu patah. Bahkan Parting Line atau sisi sambungan antar Cover mesin terangkat hingga membuat celah. Celah tersebut mungkin disebabkan hantaman proses patahnya Crankshaft.

Celah kerusakan pada sisi sambungan antar Cover mesin

Kerusakan ini biasa disebut Water Hammer atau Hydro Lock. Bahaya ini bisa menimpa semua kendaraan bermotor baik roda dua mau pun roda empat dan tipe apapun.

Melihat kerusakan pada XMax tersebut, kami mencoba bertanya dengan pemilik XMax lainnya. Menurut informasi yang saya dapatkan, bahwa XMax yang saya tanya ini pernah melintas di genangan air tinggi juga, namun tidak mengalami masalah seperti Water Hammer.

Bisa saja kedua XMax tersebut mengalami perbedaan kondisi, seperti ketinggian air atau arah gelombang air. Saat dikonfirmasi terkait XMax yang bermasalah tersebut, bahwa tidak ada penggantian dari pihak Yamaha. Memang jika kondisi rusak seperti ini, dikategorikan kerusakan pemakaian atau bukan produksi, jadi otomatis tidak bisa di klaim.

Crankshat yang patah akibat efek dari Water Hammer

Kerusakan yang begitu parah bukan? Jangan sampai hal ini menimpa anda. Karena akan menguras isi dompet anda untuk perbaikannya. Sebaiknya simak tips berikut untuk menghindari masalah tersebut:

-Tips mengatasi Water Hammer-

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s