Automotive Info

CARA MENDIRIKAN KOMUNITAS MOTOR DAN CLUB MOTOR

Bandidos MC club motor internasional yang disegani

Setelah Indolovers membaca artikel kami tentang perbedaan klub motor atau Motorcycle Club (MC), komunitas motor, Single Rider dan Genk motor. Sekarang kami mengajak calon biker pemula atau senior yang ingin membuat perkumpulan agar faham tidak sembarangan membuat konsep organisasi, nama dan logo pada perkumpulan yang dibuatnya dengan cara memahami dahulu esensi dari Motorcycle Club (MC) dan komunitas motor. Biker memiliki dunia tersendiri peradaban yang khas, sehingga ketika mengartikan suatu istilah haruslah sesuai pada dunianya, misal istilah Paguyuban dalam kamus bahasa indonesia artinya “perkumpulan yang bersifat kekeluargaan”, ini sangat berbeda dengan konsep Paguyuban motor yang maksudnya perkumpulan motor atas dasar suku kedaerahan atau paguyuban tukang sayur atas dasar sesama tukang sayur perantau bermacam suku perantau, begitu juga istilah Independent dalam arti bahasa “bebas, berdiri sendiri, merdeka, mandiri” berbeda dengan Independent dalam dunia biker yang berarti klub yang berdiri sendiri di satu kota, istilah ini muncul untuk membedakan klub konsep Kasional atau klub yang memiliki banyak Chapter, mengapa Independent tidak boleh di artikan tanpa naungan? Alasanya mendirikan club motor haruslah resmi dan dapat dikatakan resmi apabila diketahui/izin polres atau polsek, lebih baik lagi ikut di naungi Ikatan Motor Indonesia IMI, Federasi atau Asosiasi, syukur-syukur bisa membuat Akta Pendirian SK Kemenkumham. Sehingga klub motor yang baik adalah yang resmi dengan naungan. Namun sayangnya banyak orang yang dengan simpel dan sepeleh mengartikan istilah-istilah di dunia biker dengan cukup buka kamus bahasa. Arti komunitas bila diartikan secara bahasa (Etimologi) saja maka pada bikers, pecinta reptil, fotografer, pecinta aerobik memiliki arti yang sama yaitu suatu komunitas. Tetapi secara istilah (Terminologi) maka maknanya berbeda bila menyebut istilah komunitas motor. Biasakan memahami kosakata secara Etimologi (bahasa) juga Terminologi (istilah) agar dapat pemahaman yang benar.

Sebelum ada paguyuban motor, komunitas motor, asosiasi, federasi, ikatan yang ada hanya MC

Baiklah Indolovers kita lanjut pembahasan cara mendirikan “komunitas motor”. Dilihat dari history jaman dahulu kala, kelompok kumpulan motor yang ada hanya pertama kali adalah MC atau klub motor dengan perilaku aktifitas genk motor yang sekarang kita fahami. Namun seiring perkembangan jaman muncullah istilah komunitas motor, dan seiring perkembangan jaman karena ketidaktahuan banyak pula bendera yang menamakan Community atau komunitas namun ke aktifannya, tingkat kerapihan organisasinya menyerupai MC, yang lebih lucu lagi banyak orang mendirikan klub tapi ke aktifannya jelek dan kerapihan organisasinya buruk.

 Pasadena MC 1907 merupakan MC Pertama

KOMUNITAS MOTOR

Semoga dengan membaca penjelasan ini hal seperti itu tidak terjadi. Ok indolovers kita lanjut dari aspek sebab terjadinya mereka berkumpul

1. Sesama teman kerja, sesama teman kampus atau yang sering nongkrong bareng

2. Sesama teman satu gang dirumah 

3. Sesama pencinta salah satu merk motor

4. Satu orang Founder awal yang memang niat bikin komunitas dengan cara ngumpul-ngumpulin orang agar bersama-sama membentuk komunitas, atau Founder rame-rame bikin bareng.

4. Sesama perkumpulan diluar motor misal, komunitas rokok Vape, pecinta alam, sesama anak rantau, dan sebab-sebab lainnya.

Ada berbagai macam latar belakang, sejarah awal berdirinya suatu komunitas motor mungkin ada hal yang lebih unik dan aneh dari yang kami paparkan diatas. Untuk konsep komunitas motor tidak serumit Klub Motor, intinya secara aktifitas organisasi dalam peradaban biker “Komunitas motor identik ga rumit dan ga repot, sedangkan Klub Motor usahakan rumit + repot“.  Komunitas pada dasarnya ga ingin repot atau ribet, maunya santai hingga karena sangat ingin santainya bahkan ada yang membuat tanpa ada pengurus, bahkan menghindari adanya orang nafsu bangga jabatan, maka jabatan Ketua dihilangkan. Jadilah sama rasa sama rata, duduk sama rendah berdiri sama rendah. “Boleh ada struktur organisasi boleh tidak ada”. Berikut ini kami sebutkan syarat kriterianya :

1. Ciptakan dahulu perkumpulannya pengguna motornya, minimal 10 orang lebih (seperti yang kami jelaskan penyebab terjadinya mereka berkumpul)

2. Sepakatilah lokasi kopdar atau lokasi untuk berkumpul, bebas dimana saja yang nyaman dan wajar, ga ganggu orang lain, seperti di pinggir jalan, pinggiran toko yang tutup, Cafe dan lain-lain. Asal jangan di masjid, ga boleh.

3. Buatlah identitas Nama Komunitas Mau nyambung dengan otomotif atau kalimat ga nyambung, yah terserah.

4. Buatlah logo dengan makna filosofinya, bebas tapi tidak boleh nyontek logo yang sudah ada, dilarang cantumkan kalimat MC. Haram hukumnya, sakral. Walaupun mayoritas suka meniru konsep konsep logo para klub-klub legendaris, seperti 1% dan MC tapi di modif.

5.  Eksistensi, boleh dilakukan boleh juga tidak, dan bentuk eksistensi banyak macamnya. Ada acara Deklarasi, anniversary atau ultah, sowan kenalan dengan komunitas/klub diluar, touring jauh, tukeran stiker, nempelkan stiker di motor/suatu tempat, aktif dalam acara kegiatan otomotif dan lain lain. Tapi berhubung ga suka repot ga mau luangkan waktu lebih jadi wajar sangat jarang ditemukan komunitas yang memiliki tingkat eksis yang bagus.

6. Mau ada peraturan mau ga ada peraturan terserah, apalagi bikin AD/ART, apalagi mengadakan mubes dan musker. Mayoritas sih hanya beberapa point peraturan saja, misalnya no. registrasi, peneng, dilarang judi & mabok, dan kesepakatan lain kalian, tapi ga sampe jadi AD/ART, bahkan banyak yang tidak membuat peraturan resmi hitam di atas putih serta tanda tangan dan stempel. Hanya lisan, kadang patuh kadang engga.

7. Minimal Pilihlah ketua atau penanggung jawab organisasi, bila tidak mampu bikin struktur organisasi pengurus, agar ketika ada masalah, ada yang menengahi, atau ada pembahasan ada yang dijadikan panutan atau pegangan. Cari yang dituakan dari sisi ilmu wawasan, kemampuan dan waktu punya lebih, Financial lebih itu nilai plus.

8. Lakukanlah aktifitas sebahagianya kalian, hehehe. Mau turing, bakti sosial, kopdar sebulan sekali atau kopdar setiap hari, terserah. Jangan lupa ikut pelatihan safety riding, dan tidak melanggar hukum dan kalian senang-seneng bareng.

9. Bila tidak mau terdaftar di IMI , paguyuban, atau asosiasi atau Federasi, maka wajib mendaftar diri ke polsek. Biasanya sih tanpa mendaftar pun, kalo memang rutin kopdar, nantinya ada orang polsek naik mobil yang datengin ke kopdaran kalian buat di data.

Kira kira itulah beberapa point penting dalam cara membuat komunitas motor, yang identik dengan santai ga perlu serius mengibarkan bendera organisasi. Jangan ego tinggi, kalo ga mau bikin izin kepolisian atau member cuma tiga orang. Aktifitas organisasi ga berjalan, mending bubar ikut komunitas yang lebih baik, karena kalian dijalan membawa identitas biker. Gara-gara komunitas yang tidak Safety Riding dan Safety Gear dijalan maka nama baik komunitas yang tertib kena imbas, jelek dimata masyarakat.

Baca-bacalah legenda Klub Motor tua di dunia dan klub motor tertua di Indonesia. Karena dari sanalah kiblat rujukan pemahaman biker yang benar, jangan sampai membuat nama komunitas tapi aktifitas tindak-tanduknya layaknya Klub, juga sebaliknya namanya klub tapi aktifitas sepi produktifitas tidak seperti klub. Dan catatan terakhir tidak ada istilah komunitas baru lahir harus ijin ke komunitas yang tua, tapi sambunglah perkenalan karena setiap warga Negara dilindungi hukum untuk membuat organisasi.

KLUB MOTOR (MC)

Selanjutnya Indolovers kita akan bahas bagaimana cara yang baik membuat Klub motor. Bila kita Flashback sejarah Biker di dunia ada Bandidos, Hell’s Angel, Yonkers dan Pasadena. Adalah klub motor yang banyak diwarnai dengan aktifitas seperti genk motor dan banyak melakukan tindakan kriminal. Dan istilah brotherhood ini muncul dari mereka bukan dari Indonesia, yang makna sesungguhnya adalah solidaritas internal member suatu MC. Kalo lu aniaya satu orang member mereka, maka semua member akan datengin lu. Kehidupan liar lebih parah dari yang kalian tahu tentang genk motor. Mata pencaharian mereka jual narkoba dan bisnis haram lainnya. Totalitas kehidupan untuk klub motor, kecintaan fanatik yang over, kalo sudah melakukan aktifitas seperti untuk saudara sendiri, maka layaklah disebut brotherhood. So itulah makna sejati Brotherhood, makna itu sebelum dirubah di Indonesia dengan makna positif. Bahkan rompi member / jacket resmi harus digunakan pada saat kita sudah jadi jenazah dan akan dimakamkan.

Janji cinta sampai mati untuk MC, itulah kenapa muncul istilah Lifemember yang dipegang, meskipun kamu mati status kamu tetap member MC.

Namun istilah brotherhood diartikan hal positif dan banyak orang indonesia yang ikut-ikutan Biker tapi ga tau sejarahnya. Namun seiring perkembangan zaman diluar negeri pun para klub motor mau tidak mau harus mematuhi hukum, karena MC juga merupakan sebagai warga negara yang terikat hukum, dan mereka akan berurusan dengan penegak hukum bersenjata lengkap.

Di indonesia ada juga klub tertuanya, yaitu ISHD Ikatan Sport Harley Davidson, BBMC Bandung, HDCI dan lain-lain. Sebenarnya yang ada di dunia biker dahulu kala hanyalah konsep Motorcycle Club. Sekali lagi kami tegaskan penggunaan nama Owner, Independent, Club, atau tanpa nama Owner, Club, Independent, selama aktifitas ADART dan eksistensi sesuai dengan MC, maka itulah MC atau Klub Motor. Dan MC tidak terpaku satu Varian tapi bisa All Varian.

Bagi kita yang ingin mendirikan klub motor dengan hasil yang baik, sebaiknya ikuti beberapa syarat dibawah ini:

1. Siapkan tiga orang atau lebih founder, berpengalaman lebih bagus. Tapi bila tidak punya pengalaman maka bacalah artikel di http://www.indonesiacrush.com, atau cari di Google sejarah klub di dunia dan di indonesia. Lihatlah konsep lima klub atau lebih yang sudah ada. Sehingga sudah faham jenis-jenis klub, arti ADART, arti logo, mubes, musker, nomor regis, peneng serta kultur & kebiasaan biker. Dalam waktu satu bulan, kalo rajin baca pasti jadi orang hebat. Beberapa jenis founder :

  • Single Founder: Seorang diri lalu berusaha mengumpulkan orang-orang dijadikan member untuk mendirikan klub (Ga Recommended karena banyak contoh Founder sendiri dampaknya kerja sendirian, sengsara dan bakal jatuh bangun mulu. Ups curhat , tapi kalo Founder lebih dari 10 orang kami jamin sukseslah)
  • Group Founder: Lebih dari tiga orang Founder, bersama-sama mengumpulkan Member dan mendirikan klub.

2. Para Founder rundingan menentukan konsep, menjadi klub Nasional banyak Chapter, atau Independent satu kota saja. Kalo mau konsep Nasional jangan lupa minta kerjasama pabrikan agar bisa nebeng nama besar dan dapet modal awal, selebihnya data penjualan unit motor setiap kota minta ke Area manager marketing, agar bisa di japri dan membuat Chapter, atau gunakan sosmed.

3. Buatlah nama club ada beberapa konsep nama 

  • Nama merk: Harley, Ducati, Royal Enfield maka hanya satu merk saja, kalo merk Honda & Yamaha belum kami temui
  • Nama varian: Tiger maka hanya tiger saja, tipe Honda yang lain tidak bisa masuk.
  • Nama bebas: Tapi harus ada filosofi contohnya Satu Darah Maluku, Bandidos, Bikers Brotherhood, Outsider dan lain-lain.

4. Tentukan lokasi dan waktu kopdar

5. Pembuatan logo buatlah sebagus mungkin, terapkan konsep %, Since, MC dan nama wilayah. Bila ingin merujuk Club Legend, fungsinya kalimat MC adalah menjelaskan bahwa kalian Klub Motor, coba kalian test orang awam logo klub tanpa tulisan MC di deretkan dengan logo perusahaan, logo kampus, logo lembaga, maka akan sulit bedain. Kalo 1% artinya berani melawan hukum karna, 99% artinya orang taat hukum. Dan arti Since adalah tahun berdiri.

6. Buatlah susunan Draft ADART mentah bisa sendiri atau ramai-ramai. Cari dari klub motor lain atau organisasi diluar motor jangan lupa di modif. Karena di dalam ADART kalian akan faham arti jaket/rompi, no. regis, peneng, turjib, kopdar, kopsan, pincor, dan istilah-istilah lain dalam biker.

7. Buatlah Musyawarah Besar mematangkan menyepakati ADART, struktur organisasi pengurus dan dilanjut musyawarah kerja serta membuat program kerja tahunan.

8. Wajib membuat acara deklarasi atau peresmian lahirnya organisasi. Buat semeriah mungkin semampu kalian, memang acara kecil-kecilan tumpeng atau potong kue internal saja ga masalah, tapi ya mikirlah bawa-bawa nama MC masa acara kecil dan ga undang bendera lain.

9. Faham akan konskuensi bikin klub ,siap-siap menjamu klub lain, nolong orang Crash atau Trouble, Support dan hadir anniv club lain minimal satu orang perwakilan, kalo lagi pada sibuk. Tapi kalo member di atas 100 orang kami yakin nyari satu atau tiga orang yang aktif pasti bisalah dan ganti-gantian aja meluangkan waktunya.

10. Jangan lupa daftar IMI (Ikatan Motor Indonesia), daftar Polsek atau Polres dan ikutin segala macam ajang Otomotif, agar bendera kalian berkibar dan terkenal eksistensinya. Buatlah acara Event besar, ciptakan banyak karya, bakti sosial, juara balapan resmi, kontes modifikasi, dan hal-hal lainnya.

11. Kenallah dengan klub-klub diluar varian dan lebih utama ke sesama varian di setiap kota. Seperti antara CBR dengan CBR, Tiger dengan Tiger, R15 dengan R15, Ninja dengan Ninja, hingga kalian bisa membuat acara bareng tingkat provinsi yaitu Jambore Daerah. Bila gas-nya udah jauh buatlah acara kumpul tingkat Nasional satu Negara yaitu Jamnas dan kalo kalian hebat maka buatlah acara antar Negara. Bisa saling mengenal Bikers Indonesia dengan Italia, Brazil atau perbatasan Vietnam. Misal dengan nama jambore International atau terserah. Mungkin kami perjelas bahwa motor-motor Limited seperti Harley, Royal Enfield, Ducati dan lainnya, lebih membawa nama merk bukan varian. Kalo motor-motor yang produksinya banyak, biasanya organisasi motornya lebih ke varian seperti merk Yamaha, lebih cendrung benderanya varian yaitu, Nmax, Xeon, R15, Rx King.

Semoga faham ya Indolovers antara Merk, Varian, dan All Varian / All Brand.

Sebagai penutup sekali lagi banyak alasan kenapa satu orang Founder bagi kami sedikit dan susah jalaninya karena ilmu dalam dunia biker itu luas, ada yang satu orang menguasai modifikasi, satu orang menguasai mesin, satu orang faham organisasi biker, satu menguasai ilmu Safety Riding, satu orang kuasai manajemen Touring dan satu orang jago diplomasi dan jaringan. Banyak hal yang tidak mungkin bisa dilakukan hanya dengan satu orang Founder. Harus terpecah masing-masing keahlian, terbagi pula masing masing tugas. Dan akan menjadi kekuatan yang lebih hebat lagi bila menyatukan berbagai profesi dan status sosial, misalnya ada yang anggota DPR, Pengacara, Wartawan dan sebagainya. Dan kalo ada klub isinya cuma tiga orang, mohon maaf sebaiknya anda bubar tahu diri atau himpun kekuatan dari awal biar ga malu-maluin dunia klub motor. Tidak ada kalimat “Gw gengsi kalo klub gw bubar”, akhirnya itu founder sama member tiga orang pertahankan bendera. Sudah bisa kita bayangkan apa sih yang bisa dilakukan hanya tiga orang??? Ingat ini organisasi ga akan bisa berkarya atau memberi manfaat pada orang banyak kalo ga himpun kekuatan orang banyak.

Oke Indolovers, inilah penjelasan konsep Mainstream karena pada perkembangannya kita akan banyak menemui konsep baru. Semoga pengetahuan wawasan ini bermanfaat memudahkan kita semua bila ingin membentuk organisasi motor, agar tidak meraba-raba dalam ketidaktahuan. Tapi setelah faham ini silakan amati, tiru dan modifikasi

Salam satu aspal…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s