WASPADA BAHAYA MENGANCAM MESIN MOTOR DAN MOBIL ANDA SAAT MENERJANG BANJIR

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. Pada tahun 2017 ini curah hujan di Indonesia dikatakan di atas normal. Hal ini membuat genangan air di jalanan cukup tinggi bahkan sampai banjir. Kondisi ini sangat berpotensi membuat mesin mobil anda akan bermasalah. Apa masalah itu?

Masalah yang dihadapi ketika mobil atau motor anda menerjang banjir adalah rusaknya mekanisme mesin anda. Kerusakan ini biasanya terjadi pada Piston atau seher mesin anda. Kerusakan yang terjadi biasanya pada kepala Piston atau batang Piston menjadi bengkok sampai patah. Hal ini biasa disebut fenomena Water Hammer, apa itu Water Hammer?

 

 

Water Hammer adalah kegagalan mekanisme putaran mesin yang diakibatkan oleh tekanan balik dari tertahannya asupan atau luapan tekanan yang seharusnya didapat atau dibuang dari sebuah mekanisme pembakaran. Terhambatnya asupan atau buangan dari mekanisme tersebut biasanya disebabkan oleh air yang memasuki ruang pembakaran.

Fenomena tersebut sebenarnya atau juga disebut Hydro Lock, yaitu kegagalan mekanisme putaran mesin yang disebabkan lebih besarnya Volume air dari Volume silindaer yang memasuki saluran pembakaran, air yang menutup saluran tersebut menyebabkan hambatan pada putaran mekanis dan membuat Piston tidak dapat menyelesaikan putarannya dan memberhentikan kinerja mesin.

Kerusakan yang disebabkan Water Hammer atau Hydro Lock ini cukup luar biasa dan dapat menguras kantong anda. Kerusakan tersebut adalah:

  1. Kepala Piston pecah atau rusak
  2. Batang Piston bengkok atau patah
  3. Silinder hose rusak atau baret
  4. Komponen lainnya ikut rusak

Jika sudah seperti itu, biaya yang dikeluarkan untuk membongkar atau menurunkan mesin untuk mengganti komponen tersebut lumayan besar brow. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam menerjang banjir. Dan untuk mencegah atau penanggulangan pertama saat menghadapi madalah tersebut, silahkan simak tips dibawah ini:

TIPS MENCEGAH DAN TINDAKAN AWAL MENGHADAPI MASALAH WATER HAMMER

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s