Automotive Community

HAKEKAT JAMBORE CLUB MOTOR

SEJARAH AWAL

Kalimat jambore sangat berkaitan erat dengan sejarah berdirinya kepanduan/pramuka dunia, hal ini di dasari oleh Jambore pramuka dunia pertama di Kengsinton, London, United Kingdom. Namun sejarah sebenarnya Jambore berasal dari kata Jamboree, sebuah kata tidak resmi atau kata jalanan atau kata plesetan dari bahasa Inggris-Amerika.

Jambore secara Leksikografi di percaya paduan dari tiga suku kata yaitu:

  1. Jabber yang berarti cepat atau pembicaraan yang tidak jelas.
  2. Shivaree yang berarti perayaan yang berisik.
  3. Jam yang berarti keramaian.

Jadi Jamboree sendiri memiliki arti sebuah pertemuan besar, pesta besar dan perayaan besar dengan musik dan hiburan. Awalnya Jamboree sendiri digunakan dalam perayaan besar partai politik dan sangat populer digunakan pada acara kepramukaan. Namun saat ini kata Jamboree sangat lazim digunakan pada aktivitas atau perayaan komunitas secara besar-besaran. Dalam kamus besar bahasa indonesia “jambore artinya pertemuan”.

wp-image--826563910

Berhubung klub motor juga merupakan organisasi kepemudaan namun lebih spesifik memiliki hobby kecintaan pada motor maka sangat tepat ketika mengikuti model kegiatan jambore yang pernah dilakukan pramuka dunia dan indonesia, saya tidak akan membahas dari klub mana yang lebih dulu menggunakan kata Jambore di Indonesia karena debatable dan menghindari saling klaim.

Dari banyak artikel website club motor bila saya rangkum, arti Jambore versi club motor adalah suatu kegiatan pertemuan silaturahmi yang meriah dengan dihadiri banyak klub-klub motor.

Suatu club yang baru berdiri harus memiliki rasa persaudaraan dan itu dibuktikan dengan cara mengetahui ada berapa club didalam provinsi, dan merealisasikan dalam bentuk pertemuan, dan diwujudkan kedalam suatu acara yang disebut Jambore Daerah dan daerah ini diartikan wilayah satu provinsi bukan yang lain. Dari acara ini kita bisa mengenal satu provinsi ada berapa jumlah klub kota , dan saling mengenal.

Jamnas-YRFI-Pangandaran-09

Ada juga kesalahan berfikir contohnya, (Mengartikan daerah=desa) Jambore daerah adalah untuk MC di daerah/desa, bukan MC dikota, ” 

Jambore daerah harus dilakukan diluar daerah/desa, sehingga bila dilaksanakan di kota itu namanya bukan Jambore Daerah tapi Jambore Kota. “Ini salah”, juga mengartikan jambore harus dilaksanakan ditempat yang jauh terpencil.

Bila dilaksanakan oleh 2-3 provinsi  dengan pertimbangan agar tamu yang hadir bisa ramai, juga pertimbangan biaya maka tetap istilah Jambore Daerah, bukan Jambore Nasional.

Jambore Nasional adalah kegiatan jambore yang dilaksanakan dengan konsep Nasional. Dengan ini kita berharap bisa saling mengenal silaturahmi lebih luas dengan Klub Motor Se-Indonesia.

Untuk menutup penjelasan ini, bila rasa persaudaraan kalian semakin tinggi dan didukung orang orang yang visioner maka sudah selayaknya membuat impian adanya Jambore Internasional/Dunia. Club CBR di Indonesia bisa saling cerita dengan CBR di Jepang, Inggris, Brazil, dan lain lain, begitu juga Ninja dan Yamaha R-Series saling kenal dari Negara lain.

Hells-Angel-Bikers 



Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s