PERBEDAAN KLUB MOTOR, KOMUNITAS MOTOR, SINGLE FIGHTER DAN GENG MOTOR

KLUB MOTOR (MC)

Harley-Davidson-Harley-Owners-Group-riding-club-logo-design

 

Klub Motor adalah organisasi motor yang terdiri dari 10 orang atau lebih, memiliki hobby tujuan yang sama serta memiliki AD/ART, Mubes Rsker, struktur kepengurusan, program kerja dan memiliki perizinan.

Perizinan minimal diketahui kepolisian sekitar bila tidak mau membuat izin IMI atau SK Kemenkumham, serta mendeklarasikan diri dengan mengundang klub dan komunitas di kota dimana klub itu berdiri.

Klub Motor (MC) memang cenderung satu varian, misalnya Kawasaki Ninja, Yamaha YZF-R15 dan Harley Davidson. Dikarenakan para member memiliki kesukaan yang sama pada varian ini, serta sangat memudahkan dalam Sharing membahas mesin dan komponen karena kesamaan motor. Beda halnya bila ada Member Honda Tiger bertanya kendala mesin kepada anak motor YZF-R15,kemungkinan besar member R15 agak sulit menjawab dan berbagi pengalamannya. Ga mungkinkan dijawab kiproknya Tiger kali bermasalah.

Dan konsultasi variasi motor Headlamp, Footstep, dan lain lain lebih memudahkan ketika mereka dalam 1 varian, jadi jangan ada anggapan Klub Motor (MC) sombong maunya bergaul dengan sejenis atau variannya saja. Jadi banyak hal kenapa cenderung satu varian lebih mudah berbagi. Yang penting aktivitas sowan dan kenalan tetap terjalin lintas varian dan all varian, dengan komunitas, Single fighter dan lain lain.

Oleh karena itu Klub Motor (MC) cenderung saty varian seperti HOG Harley Davidson Owners Group, TROW Tangerang R15 owners, dan HDCI. Namun istilah Klub Motor ini juga bisa digunakan bagi yang beberapa varian contoh D’Raptors Brothers MC, MRC Motorave Rider Club, dan lainnya di dalamnya ada Ninja, Harley, Regal, Suzuki dan lain lain.

Syarat terpenting bukan pada satu varian tapi harus ada:

  1. Struktur kepengurusan, AD/ART, Mubes, Raker, Program kerja dan lain-lain
  2. Jumlah member diatas 10 orang, mengapa harus ada minimal jumlah orang diatas 10? Jawabnya adalah: “Untuk mengisi posisi struktur organisasi dan menjalankan roda organisasi ga cukup dibawah 10 orang”
  3. Resmi mempunyai izin atau diketahui kepolisian
  4. Mendeklarasikan klub tersebut
  5. Selebihnya akan nampak dari aktivitas dan hasil karya yang dilakukan

Hendaknya apabila ingin mendirikan organisasi Klub Motor cobalah merujuk klub tua di indonesia misal Harley Davidson atau sebagainya atau mengacu pada persyaratan pendaftaran IMI. Agar tidak terhadi kerancuan atau kesalahan pembentukan.

Contoh:

  1. Membuat nama klub dengan konsep nasional, tapi ga punya Chapter/cabang
  2. Nama organisasi komunitas tapi di dalamnya aktifitas konsep Klub Motor
  3. Nama organisasi Klub Motor tapi tidak punya AD/ART, Mubes Raker dan perizinan

Memang ga ada larangan dan silakan suka-suka semuanya, cuma akan tersenyum saja bagi orang yang paham organisasi.

Status pembubaran organisasi ,dikembalikan kepada AD/ART masing masing , ada yang mencantumkan bubar apabila member hanya tersisa kurang dari 10 orang, bubar apabila Founder menyatakan bubar dengan alasan yang disesuaikan pada AD/ART, bubar apabila dibubarkan Kepolisian, dan banyak contoh lainnya.

PicsArt_02-21-12.26.50

KLUB MOTOR memiliki 4 jenis konsep organisasi

  1. Klub Nasional adalah klub dengan konsep nasional memiliki Chapter/cabang dibanyak kota di indonesia
  2. Klub Independet adalah club dengan konsep berdiri sendiri di satu kota tidak mempunyai Chapter/cabang di kota lain
  3. Independent Nasional adalah klub yang berawal dari klub independent namun seiring kemajuan organisasi mereka mampu membuat Chapter/cabang dibanyak kota. Contoh: V-Rider (Vixion) dan sebagainya
  4. Klub Multinasional/Internasional adalah klub motor yang mampu membuka Chapter/cabang di banyak kota dan negara-negara.  Contoh: D’Raptors Brothers, Satu Darah Maluku, HOG, dan motor besar lainnya.

KOMUNITAS MOTOR (Community)

imclogo

 

Komunitas motor adalah organisasi motor yang terdiri dari beberapa orang, memiliki hobby tujuan yang sama namun, memilik kepungurusan, tidak harus memiliki AD/ART, Mubes Raker dan Perizinan .

Bisa dilakukan satu varian atau banyak varian (All variant). Hal perbedaan paling mendasar adalah hanya pada AD/ART Mubes, Raker dan perizinan. Aktifitas yang mereka lakukan sama yaitu adanya kopdar, Touring, Baksos, Safety Riding dan lain-lain.

SINGLE RIDER / SINGLE FIGHTER

CZZgvRg6

 

Single Fighter atau Single Rider adalah seorang Biker yang tidak ikut komunitas dan klub manapun. Dalam prakteknya sebenernya mereka tidak ingin terikat aktifitas organisasi saja tapi dalam aktifitas bersosialisasi mereka pelakunya, suka hadir dalam kopdaran dan Touring bersama. Benar-benar bebas dan sesuka hati saja dalam melaksanakan hobby. Tidak berarti kopdaran sendiri, Touring sendiri, dan ga punya relasi dengan Biker Klub atau komunitas. Banyak alasan penyebab mereka memilih sendiri tidak mau ikut berorganisasi.

GENG MOTOR

Geng motor adalah sekumpulan beberapa orang pengguna motor memiliki ikatan kebersamaan dikalanganya dan cenderung melakukan aktifitas kriminal. Baru-baru ini viral aktifitas geng motor di daerah depok dengan melakukan aksi anarkis kepada orang umum, sebenarnya banyak hal yang dilakukan mereka seperti judi balap liar, tawuran antar geng, dan perbuatan melanggar hukum lainnya. Demi keamanan mereka tidak melakukan kopdar dan banyak sosialisasi layaknya biker, karena ketika mereka melakukan kriminal dan menjadi buronan polisi maka aktifitas nya selalu Underground.

Demikian penjelasan singkat saya dari hasil penelusuran fakta dilapangan dan wawancara sesepuh. Semoga nantinya IMI (Ikatan Motor Indonesia) bisa mengeluarkan Juklak (Petunjuk pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk teknis) untuk organisasi motor agar para Biker-biker muda paham dunia organisasi motor. Misalnya arti dari pincor lencana?  Arti peneng pada plat nopol apa? Jambore Biker? Mengapa ada Jamda dan Jamnas? Apa itu Paguyuban motor? Asosiasi/Federasi motor? Sopan santun berkendara dijalan seperti apa?. Dan masih banyak hal-hal lain yang sebaiknya dibakukan, agar memudahkan bagi Bikers dan masyarakat awam tidak salah paham.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s