PENAMPILAN PERDANA RIDER INDONESIA DI WORLD SUPERSPORT 300 TUNJUKKAN HASIL MENGESANKAN

Kejuaraan Superbike dunia atau WorldSBK Championship (WSBK 2017) kembali digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal yang sempat absen di tahun 2016. Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama bersama dengan 6 pembalap Yamaha Blu Cru siap bertarung dalam seri ke-7 ajang balap FIM World Super Sport 300 (WSSP300).
Sirkuit Algarve sendiri terletak dibagian selatan Portugal dan memiliki layout yang menantang, gabungan high speed corner, slow hairpain/corner dan perubahan elevasi ketinggian, memiliki trek lurus 970 meter dengan panjang sirkuit 4,592 Km, kombinasi 6 tikungan ke kiri & 9 tikungan ke kanan.

Cuaca cerah dengan kecepatan angin yang tinggi 16 km/jam pada sesi latihan FP1, Galang Hendra memiliki catatan waktu 2.04.883 menempati posisi 19 pada sesi latihan pertama jumat (15 september 2017).  “Pertama kali di Sirkuit Algarve ini dengan Yamaha YZF-R3. Saya harus cepat beradaptasi dan yakin bisa untuk menemukan limit dengan racing line lebih baik untuk di setiap sektornya,”ujar Galang Hendra sesaat setelah selesai sesi latihan pertama FP1.

Tampil berstatus wild card, Galang Hendra yang berasal dari Yogyakarta dan berusia 18 tahun, menunjukkan performa impresif mulai awal latihan bebas 2 (FP2). Dengan kecepatan dan arah angin yang lebih baik menjadi 12 km/jam, perubahan gearing maupun suspensi, Galang Hendra Pratama berhasil memangkas waktu lebih cepat 3.332 detik. Sukses merebut posisi keenam sekaligus mencetak top speed terbaik 187,2 km/jam menggunakan pacuan Yamaha YZF-R3.

“Saya senang dengan hasil sesi latihan hari ini berkat kerjasama seluruh tim, teknisi, engineer saya bisa secara signifikan memperbaiki best lap time . Untuk Superpole 2, saya tetap harus lakukan perbaikan terutama di sektor 3 & meningkatkan akselerasi khususnya di slow corner, “tambah Galang Hendra.

Berdasarkan hasil kombinasi dua sesi latihan, 10 pembalap yang melaju ke Superpole 2 adalah Deroue, Garcia, Perez, Schotman, Valle, Galang Hendra, Grassia, Carrasco, De La Vega, Murley. Dan nantinya, pada sesi tersebut akan memperebutkan posisi start dari 1-12 bersama 2 pembalap tercepat pada sesi Superpole 1.

“Kita akan harus “stay on focus”, lakukan perbaikan dari data yang didapatkan hari ini dan berharap kecepatan angin dan arahnya bagus saat superpole 2 esok hari,” tegas Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia yang mendampingi Galang Hendra dalam mengikuti kejuaraan World Super Sport 300 ini.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s